Kelurahan Tawongan Gelar Lomba Katinting

0
56
Foto: Asisten Pemerintahan dan Kesra M.Ari Pamungka foto bersama para pemenang lomba katinting (Foto: Dok.Hms)

Meriahkan HUT RI ke 73

TAWONGAN, POSO RAYA – Kemeriahan peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 72 hingga kini masih terasa. Sejumlah desa dan kelurahan hingga Sabtu (26/8) masih merayakannya. Di Kelurahan Lawanga Tawongan Poso Kota Utara misalnya, Persatuan Balap KONELO setempat menggelar lomba Balap Ketinting, Sabtu.

Tidak kurang dari 20 peserta ambil bagian dalam lomba yang dibuka Bupati Poso diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra M.Ari Pamungkas. Para peserta beradu kecepatan diperairan teluk Poso Tawongan menaklukkan ganasnya laut dengan mnempuh jarak sekitar 1.500 meter.

Beberapa team yang turun dalam lomba kali ini antara lain Tawongan Team, Prima Sentosa dan Kayu nyole team.

Dilokasi lomba para peserta nampak bersemangat memacu ketinting yang dikemudinya. Sementara warga yang menyaksikan peserta yang memacu katintingnya terlihat bersorak-sorai memberi semangat. Masing-masing berusaha menyalip peserta lainnya.

Azis salah seorang warga asal Dusun Kalamalea, Kelurahan Madale mengaku senang menyaksikan lomba balap Ketinting ini. “Lomba balap Ketinting ini jarang diadakan, dalam kurun setahun belum tentu ada, jadi rugi kalo kita te datang manonton,” kata Azis yang datang bersama istri dan kedua anaknya.

Bupati Poso dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Bupati Poso Darmin Sigilipu menyatakan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Panitia Pelaksana bahkan seluruh peserta yang turut meramaikan perlombaan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kecintaan masyarakat khususnya para nelayan terhadap daerah Kabupaten Poso yang memiliki potensi laut dan bahari yang luar biasa, dan harus dijaga bersama karena menjadi ajang tontonan dan hiburan yang menarik bagi seluruh masyarakat Poso yang menyaksikan ketangguhan dan kelincahan para Nelayan dan Para Peserta Lomba dalam menahkodai perahu yang digandeng dengan mesin Katinting,” ujar Bupati.

Ketua Panitia Darma Mustafa mengajak warga melalui kegiatan ini untuk terus berbenah di segala bidang mewujudkan nasionalisme, Patriotisme, membangun semangat kegotong royongan, kultur budaya yang kuat untuk mencapai sebuah kedaulatan dan menjunjung tinggi Pancasila.

Darman juga berharap kiranya kegiatan Lomba ini dapat terus dikembangkan sebagai olahraga rekreasi masyarakat Poso yang juga merupakan potensi wisata untuk Kabupaten Poso ke Depan.

“Karena Kabupaten Poso juga kaya akan Keindahan Alam dan budaya mampu menarik banyak wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi tempat wisata seperti halnya lomba ketinting ini, jika perlu harus menjadi kegiatan tahunan,” katanya.

Dalam kompetisi ini berturut-turut dimenangkan oleh Tawongan 26 sebagai Juara 1, Tawongan 03 Juara 2, Prima Sentosa 29 Juara 3, Tawongan 01 pada posisi ke 4. Pemenang berhak atas piala dan hadiah dari panitia. (ULY)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY