Minim Penerangan, Jalan Tugu Lembomawo Rawan Kejahatan dan Laka Lantas

0
45
Foto: Suasana Ruas jalan depan Pasar Tradisional dan Depan Terminal Poso. Jika malam tiba ruas jalan ini gelap gulita karena belum difasilitasi dengan penerangan jalan (Foto: Samsol Batubara)

POSO RAYA– Sepanjang kurang lebih satu kilometer, jalan dari Tugu Simpang Tiga hingga Simpang Empat Lembomawo, tidak memiliki lampu jalan. Sehingga jika malam hari, sepanjang jalan tersebut nampak gelap gulita. Ini bisa mengundang sesuatu yang tidak kita inginkan, seperti tindakan kejahatan dan Laka Lantas. Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang petugas keamanan di terminal Siwagi Lemba Poso, yang namanya enggan disebutkan.

“Sepanjang jalan dari tugu melewati jembatan Poso Dua, depan pasar baru, depan terminal, hingga perempatan Lembomawo, tidak ada penerangan. Itu bisa menguatirkan para pengendara yang melintasi jalan tersebut. Minim penerangan, bisa buat orang-orang yang berfikiran tidak betul, lakukan tindakan kejahatan,” ungkapnya.

Selain salah seorang petugas keamanan di Terminal Siwagi Lemba Poso, masyarakat dari kelurahan Kawua pun mengeluhkan hal yang sama. Sebab, jalan tersebut sering mereka gunakan untuk beraktifitas sehari-hari di Pasar Tradisional Bersih Sintuwu Maroso (PTBSM) Poso, terutama di malam hari.

“Kalau lewat jalan ini malam hari, saya sering was-was. Makanya kalau lewat jalan ini malam hari, laju kendaraan saya pacu lebih kencang,” ungkap salah seorang warga yang namanya juga tidak ingin dikorankan.

Hasil pantauan Poso Raya di lapangan, sepanjang jalan tersebut, memang belum ada lampu jalan yang dibangun oleh pemerintah daerah. Itu yang membuat sepanjang jalan tersebut, gelap gulita jika malam hari. Gemblong, salah seorang pedagang asongan di PTBSM Poso berharap, agar pemerintah daerah, khususnya Dinas Perhubungan Poso, memperhatikan hal tersebut.

“Saya berharap, pemerintah daerah, khususnya Dinas Perhubungan Poso, bisa membangun lampu jalan di sepanjang jalan tersebut. Sehingga jika malam hari, jalan itu bisa terang dan digunakan dengan nyaman oleh pengendara yang melintas,” tegas Gemblong. (SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY