Jalan Gunung Biru Poso Bakal Dijadikan Pusat Pengembangan Ekonomi

0
39
oto: Lokasi pegunungan biru di Kecamatan Poso Pesisir bersaudara (Foto: DOk.PR)

POSO RAYA– Menyebut nama Gunung Biru pastinya tidak asing bagi masyarakat, khususnya yang ada di kabupaten Poso. Dulunya daerah Gunung Biru, menjadi basis kelompok Mujahidin Indonesia, pimpinan almarhum Santoso. Sehingga dulunya, Gunung Biru digempur oleh pasukan gabungan operasi Tinombala.

Namun, seiring berjalannya waktu, kini situasi di Gunung Biru sudah sangat kondusif. Bahkan Gunung Biru bakal dijadikan pusat pengembangan ekonomi kabupaten Poso, melalui sektor perkebunan.

Foto: Suratno Teguh
Foto: Suratno Teguh

“Untuk mendukung program tersebut, pemerintah daerah (Pemda) Poso membuka akses jalan umum dari desa Pantango, tembus ke sumber air panas. Sepanjang kaki gunung juga dibuka jalan hingga ke desa Tamanjeka,” kata kepala Bapedalda Poso, Ratno Teguh, saat ditemui Poso Raya di ruang kerjanya.

Ratno menambahkan, pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh dinas PUPR Poso. Pekerjaan itu juga perlu diapresiasi. Sebab, waktu pekerjaan yang ditarget lima bulan, namun hanya tiga bulan, pekerjaan jalan tersebut sudah di rampungkan.

Salah seorang warga sekitar Gunung Biru, yang akrab disapa I Made mengatakan, dengan berhasilnya pembukaan akses jalan di daerah tersebut, dapat menjadikan harapan baru bagi masyarakat yang ada di sekitaran Gunung Biru.

“Masyarakat bisa meningkatkan produktifitas perkebunannya, yang selama ini terbengkalai akibat gangguan keamanan. Jalan sudah ada, sudah sepatutnya kita rawat juga untuk anak cucu kita semua,” kata I Made. (SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY