BPS Mulai Lakukan Sensus Ekonomi

0
35
Foto: Salah seorang petugas Sensus Ekonomi dari BPS Poso saat melakukan wawancara para pemilik usaha (Foto: Rusli)

POSO RAYA – Badan Pusat Statistik Kabupaten Poso saat ini tengah melakukan Sensus Ekonomi (SE) dengan melakukan pendataan usaha bagi perusahaan kecil maupun besar di wilayah Kabupaten Poso. Sensus ekonomi digelar sejak 1 agustus hingga 5 September mendatang.

Untuk mendatangi para pemilik usaha, BPS menurunkan satu anggota untuk setiap kelurahan dan petugas di lintas kecamatan. “Kami bertugas melakukan pendataan satu orang untuk satu kelurahan dan desa. Adapula petugas lintas kecamatan,” jelas Romus Tungka salah seorang petugas SE yang mendatangi kantor Harian Poso Raya Selasa (22/8).

Banyak hal yang ingin dicapai dalam SE lanjutan kali ini. Sebab Pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian) akan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya. Selain itu juga akan diketahui daya saing bisnis di daerah dan Indonesia pada umumnya, serta penyediaan kebutuhan informasi usaha.

Ada berbagai hal yang ditanyakan petugas sensus saat mendatangi pemilik usaha. Mulai dari jumlah karyawan, besar upah yang diberikan, biaya penyusutan peralatan sampai pada besaran pendapatan dan pengeluaran, termasuk jumlah pajak yang dibayarkan.

“Dengan sensus ekonomi ini maka akan diperoleh potret perkenomian menurut wilayah, jenis dan pelaku usaha. Dan data ini akan menjadi barometer untuk menetukan Poso dalam angka nantinya,” serunya. (ULY)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY