Jalan di Pelabuhan Poso Masih Sempit

0
52
Foto: Aktifitas bongkar muat di pelabuhan Kelas II Poso. FOTO: SAMSOL BATUBARA/PR

POSO RAYA– Sejak awal 2017, hingga bulang Agustus ini, dari hari ke hari, aktifitas bongkar muat di pelabuhan kelas II Poso, semakin meningkat. Hal tersebut terlihat banyaknya kapal yang sandar dan mobil-mobil truk pengangkut. Ada kapal yang hanya sekedar menurunkan muatannya berupa material digunakan untuk proyek, ada juga kapal yang mengangkut bahan-bahan lain dari pelabuhan Poso.

“Arus laulintas di pelabuhan Poso, semakin meningkat. Baik itu di laut maupun di darat. Ada beberapa kapal juga sandar, untuk menurunkan material yang digunakan untuk proyek di Poso ini. Contohnya KM Santoso, membongkar muatan berupa besi beton sejumlah 2000T/M3 milik PT Poso Energy I,” kata Kepala Bidang (Kabid) Lalulintas Angkutan Laut UPS kelas II Poso, Olvin Pandev, saat ditemui Poso Raya di ruang kerjanya.

Hal itu juga di benarkan Kepala Kantor Pelabuhan (Kakanpel) Poso, Mualim Mokodompis. Tak hanya KM Santoso yang membongkar muatannya untuk PT Poso Energy. Ada juga kapal lain yang lakukan hal tersebut.

“Banyak juga kapal pengangkut clued palm oil (CPO) lakukan aktivitas bongkar muat di pelabuhan ini,” ungkap Mualim.

Namun dapat disayangkan. Aktifitas lalulintas pelabuhan yang semakin ramai tidak didukung dengan fasilitas jalan yang memadai. Itu terlihat dari pantauan Poso Raya di pelabuhan. Mobil tronton kapasitas 20 ton yang mengangkut besi untuk PT Poso Energi I, sangat sulit untuk bergerak.

“Jalan keluar masuk di pelabuhan ini cukup sempit. Itu yang buat mobil tronton yang saya kendarai ini, sulit untuk memanuver. Bukan hanya saya saja yang mengalaminya. Banyak juga supir-supir lain mengeluhkan hal tersebut,” jelas sang supir.

Salah seorang staf khusus kantor bupati Poso juga mengatakan, dengan meningkatnya arus lalulintas, sudah seharusnya pembenahan di pelabuhan Poso terus ditingkatkan. Khususnya jalan disekitaran pelabuhan. Agar aktifitas di pelabuhan tersebut, semakin lancar. (PAN/SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY