Allhamdulilah, Poso Raih Rekor MURI Pemasangan Stiker Terbanyak

0
84
Foto: Bupati Poso saat menerima penghargaan Museum Rekor Indonesia dalam pemasangan stiker dan bendera terbanyak saat perayaan HUT RI ke 72 di Kabupaten Poso (Foto: Dok.Humas)

POSO RAYA– Situasi keamanan di kabupaten Poso, yang selama ini masyakat Indonesia bahkan dunia ketahui, tidak begitu aman. Sehingga banyak masyarakat dari luar daerah, yang takut untuk memasuki kabupaten Poso. Namun hal tersebut tidak demikian adanya.

Kondisi keamanan di kabupaten Poso dari tahun ketahun semakin kondusif. Itu terbukti dengan pemberian sertifikat dari Museum Rekor Indonesia (MURI) kepada bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, untuk pemasangan stiker sebanyak 72.817 dan pembawa bendera terbanyak, menjelang puncak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun. Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Manajer MURI Jakarta, Andre Purwandono, usai pelaksanaan upacara bendera di halaman lapangan kantor Bupati Poso.

Sebelum menerima penghargaan dari MURI, Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, membacakan pesan kepada masyarakat kabupaten Poso. Dimana saat ini, pemahaman terhadap Pancasila dan UUD 1945, mulai luntur. Semangat cinta terhadap Negara Indonesia tidak lagi menggelora.

“Kebhinekaan sudah tak lagi diperhatikan. Mulai tumbuh ideology maupun pemahaman yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan RI (NKRI). Sebab itulah, saya sebagai pemimpin di daerah ini dan sekaligus sebagai orang tua berpesan pertama, waspadalah terhadap setiap ideology dan pemahaman yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945 dan NKRI.

Kedua, jadikanlah Pancasila dan UUD 1945 sebagai pemahaman dan ideology kita. Ketiga, NKRI adalah bentuk Negara yang berdaulat hingga kita harus pertahankan hingga tetes darah terakhir. Keempat, mari kita rawat kebhinekaan, untuk saling menghormati perbedaan, sebagai rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Kelima, jagalah persatuaan dan kesatuan. Binalah persaudaraan dalam suasana yang aman dan tertib, untuk menuju Poso yang cerdas, Poso yang ceria, Poso yang Elok, Poso yang ramah, damai, adil dan sejahtera,” jelas Darmin.

Sehari menjelang puncak peringatan HUT RI ke 72 tahun, di halaman kantor bupati Poso, diadakan acara launching perdana pemasangan stiker. Kepala dinas Pemuda dan Olahraga kabupaten Poso dan juga ketua panitia, Frits Sam Purnama SH MAP dalam laporannya mengatakan, hal tersebut baru pertama kali dilakukan di Indonesia, sehingga mendapat penghargaan dari MURI.

“Jumlah stiker 72.817 yang dipasang, juga mempunyai arti. Dimana angka 72 merupakan umur kemerdekaan RI, 8 bulan kemerdekaan atau bulan Agustus dan angka 17 merupakan simbol dari tahun 2017. Saya juga berterima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini. Sehingga terlaksana dengan baik dan aman,” kata Frits.

Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu, dalam sambutannya mengatakan, tentunya sebagai masyarakat Poso, ingin menunjukkan kepada dunia luar, jika tanah Poso, juga dapat membuat sesuatu yang luar biasa untuk kemajuan NKRI. Dengan adanya kegiatan pemasangan stiker ini, dapat memecahkan rekor MURI demi tanah Poso, agar dapat dikenal oleh wilayah lain di seluruh Indonesia.

Selanjutnya bupati Poso didampingi Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugianto, Dandim 1307 Poso Letkol Inf Dody Triyo Hadi S.Sos, Kajati Poso Sukarman SH MH, kepala-kepala SKPD di jajaran pemda Poso, 1000 orang guru di kabupaten Poso dan pelajar-pelajar yang ada di kabupaten poso, melakukan pemasangan perdana stiker bertuliskan Indonesia di Hatiku (INDAH), di pintu masuk kantor bupati. Selanjutnya rombongan tersebut bergerak menuju Masjid Agung Poso dan semua tempat yang ada di kecamatan Poso, termasuk sekolah-sekolah dan tempat-tempat ibadah lainnya. (PAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY