Santri Bersama Warga Upacara Bendera Dilaut

0
49
Foto: Suasana pengibaran bendera merah putih di atas laut oleh santri (ISK)

Peringati Hari Kemerdekaan RI 72

POSO RAYA – Seratusan santri Fadhila Alkhairat Tegal Rejo bersama warga di Poso memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun melaksanakan upacara di laut Poso Rabu (17/8/2017).

Upacara Hut RI ke 72 tahun tersebut mengambil lokasi di laut Poso yang berada di Kelurahan Tegal Rejo, Kecamatan Poso Kota Utara. Meskipun harus terendam air laut kedalaman lima puluh centimeter, upacara pun berlangsung haru dan khidmat.

Proses pengibaran bendera merah putih yang dilakukan para santri berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan, meskipun harus menahan dinginya air laut di pagi hari.
Para santri bersama pelajar MTS menggunakan pakaian jenis sarung dan menggunakan songko saat upacara dilaksanakan.

Saat peserta upacara melakukan penghormatan pengibaran bendera merah putih, para santri bersama pelajar dan warga begitu bersemangat menyanyikan lagu Indonesia raya.

Menurut pembina pantai asuhan Fadhila Alkhairat Tegal Rejo Ustad Samsul Muarif, jika kegiatan upacara kemerdekaan ke 72 tahun dilakukan dilaut Poso bertujuan, agar para santri dan pelajar bisa menyatu dengan alam dan tetap mencinta NKRI serta selalu mengingat para pejuang pahlawan merah putih.

“Yang jelas kenapa kami ambil dilaut agar bagaimana para santri dan peserta upacara lainya bisa menyatu dengan alam. Dan paling terpenting tetap mencintai NKRI serta mengingat para pahlawan,” kata Samsul Muarif.
Dalam upacara tersebut tak hanya di ikuti warga, santri dan pelajar MTS. Babinsa, ketua RT pihak kelurahan serta tokoh agama di wilayah Kelurahan tegal Rejo juga bersama-sama turun ke laut mengikuti upacara peringatan RI ke 72 tahun.

Samsul Muarif menambahkan, seratusan santri tersebut tak hanya dari Poso, dari Kabupaten Morowali, Touna dan Kabupaten Parigi juga bergabung ikut upacara bersama.
Dalam upacara Hut kemerdekaan RI ke 72 tahun ini, para santri juga membacakan ikrar kesetian NKRI serta berdoa untuk negara Indonesia agar tidak terpecah belah.

Sementara itu pada jam 10 wita, pihak Pemda Poso juga melaksanakan upacara peringatan Hut kemerdekaan ke 72 tahun di lapangan Alun-alun Sintuwu Maroso. Bupati Darmin Agustinus Sigilipu bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara tersebut dihadiri ribuan warga dari kalangan PNS, pelajar, TNI/Polri para Forum Koordinasi Pemerintah Daerah.(ISK)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY