Mantan Penjabat Bupati Poso Itu Telah Tiada

0
78
Foto: (Alm) Drs. Sin Songgo

POSO RAYA – Mantan penjabat Bupati Poso tahun 2015 – 2016 sekaligus mantan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Poso Drs Sin Songgo MM kini telah tiada. Ia meninggal dunia pada usia 59 tahun, Senin (14/8) pukul 05.15 wita dalam perawatan medis di rumah sakit (RS) Budi Agung Palu.

Jenasah dijadwalkan akan di dimakamkan pada Rabu (16/8) hari ini di pekuburan Kristen Kota Palu. Saat ini jenasah masih disemayamkan dirumah duka di jalan Banteng Kota Palu.
Mantan penjabat Bupati Poso itu meninggal dunia akibat komplikasi penyakit yang dideritanya selama ini.

“Bapak meninggal dunia karena sebab komplikasi penyakit,” sebut salah seorang kerabatnya di Poso. Sebelum meninggal dunia, mantan Kepala Kesbangpol Poso ini dikabarkan sempat berobat disalah satu rumah sakit di Jakarta.

Semasa hidup, Sin Songgo dikenal sebagai sosok pejabat yang low profil, dekat dengan masyarakat dan juga dengan wartawan. Tak heran jika banyak warga Poso yang sangat berduka dengan kepergian almarhum.

“Pak Sin itu sangat baik. Orangnya low profil. Tidak angkuh dan tidak pilih-pilih orang dalam bergaul. Semasa hidup, almarhum cepat akrab dengan orang lain,” kata Rahman (40), warga Kota Poso.

Di kalangan pers Poso, sosok Sin Songgo sangat fenomenal. Selain dekat dan akrab, mantan Kepala Bappeda Poso tersebut juga dikenal ringan tangan alias suka menolong.

“Tidak ada wartawan di Poso yang tidak pernah dibantu beliau. Pak Sin itu tidak akan membiarkan teman wartawan yang lagi membutuhkan bantuan,” aku Ryan Darmawan.

“Bukan hanya dari segi materi saja. Pak Sin itu suka memberi nasehat, arahan dan penengah di saat teman-teman menghadapi masalah dalam menjalankan tugas profesi. Pokoknya banyak pelajaran hidup yang beliau berikan secara cuma-cuma pada kita wartawan di Poso,” sambung wartawan TVRI itu.

“Pak Sin itu orang baik. Semoga amal ibadahnya diterima Tuhan Yang Maha Esa, dan keluarga yang ditinggalnya diberi ketabahan dan kekuatan,” tambah Saiful, mantan wartawan harian sulteng di Poso.

Disepanjang karier PNS-nya, Sin Songgo pernah menduduki sejumlah jabatan strategis. Yaitu, Camat Poso Kota, Kepala Badan Kesbangpol Poso, Kepala Bappeda Poso, Asisten III Setkab Poso, Sekkab Poso, dan hingga Penjabat Bupati Poso 2015-2016.

Jabatan sebagai penjabat bupati disandang Sin Songgo saat berakhirnya masa tugas Piet Inkiriwang sebagai Bupati Poso 2010-2015. Jabatan sebagai penjabat Bupati Poso diduduki Sin sejak Agustus 2015 – Februari 2016 hingga Poso memiliki Bupati dan Wabup defenitif saat ini. (TYO/ULY)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY