Pelabuhan Poso Mulai Digunakan Untuk Pengapalan CPO

0
57
Foto: Aktifitas bongkar muat di pelabuhan Poso yang mulai menggeliat (Foto: Samsol Batubara)

POSO RAYA– Menanggapi proyek rehabilitasi berat fasilitas Pelabuhan kelas II Poso, Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan, Komunikasi dan Informatika kabupaten Poso, Oktovianus Lebang mengatakan, hal tersebut memang sudah seharusnya dilakukan. Sebab pelabuhan Poso juga nantinya digunakan oleh PT Sinar Mas, untuk melakukan aktifitas bongkar muat minyak sawit atau crude palm oil (CPO).

“Pelabuhan Poso masih minim gudang. Maka dari itu, perlu secepatnya penambahan gudang. Tahun 2017 ini, PT Sinar Mas menggunakan pelabuhan Poso untuk lakukan bongkar muat CPO, baik dalam maupun ke luar negeri. Jika PT Sinar Mas menggunakan pelabuhan Poso, untuk lakukan bongkar muat CPO, maka itu bisa mendatangkan pendapatan untuk daerah.

Retribusi itu sendiri nantinya bisa dimasukkan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga PAD kabupaten Poso, bisa bertambah lagi,” ungkap Oktovianus.

Jika aktivitas bongkar muat CPO di pelabuhan Poso semakin ramai, tambah Oktavianus, hal tersebut bisa membuat petani sawit khususnya di kabupaten Poso, bertambah semangat dan bergairah untuk beraktivitas.

“Memang saat ini belum terlalu terasa manfaatnya, karena masih baru. Tapi kedepan, masyarakat akan merasakan manfaatnya. Saya juga tegaskan disini. Bahwa tidak ada alasan lagi bagi pengusaha, untuk tidak memanfaatkan Pelabuhan Poso ini, sebagai sarana untuk kepentingan perkapalan. Jika dulu beralasan minim fasilitas, tapi sekarang sudah dalam perbaikan,” tegasnya Oktavianus.

Saat Poso Raya melakukan penelusuran dan mewancarai salah seorang supir pengangkut CPO di pelabuhan Poso, ada sekitar 10 truk tangki bermuatan rata-rata 10 ton pertangki, yang setiap harinya masuk ke pelabuhan.

Menurut salah seorang pemilik perkebunan rakyat kelapa sawit, Darma Tongku. Dirinya optimis jika setiap tahunnya, produksi CPO di kabupaten Poso akan terus meningkat. Sehingga produksi CPO di kabupaten Poso akan lebih besar kapasitasnya.

“Pelabuhan Poso sangat strategis untuk pengapalan CPO dari sejumlah CPO yang ada di kabupaten Poso. Sudah seharusnya pelabuhan Poso ditambah fasilitas gudangnya,” kata Darma. (SAM/PAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY