Lingkungan Hidup Poso Tinjau Pengolahan Limbah PT. SJA 2

0
39

MATIALEMBA, POSO RAYA- Pengolahan dan pembuangan limbah produksi, merupakan hal terpenting yang harus dipikirkan secara mendalam oleh pihak perusahaan yang mempunyai pabrik. Jika hal itu tidak dilakukan, maka limbah pabrik tersebut dapat merusak lingkungan yang ada di sekitarnya. Berpegang dari hal tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup kabupaten Poso, Murniati Putosi, mengunjungi lokasi CPO PT Sawit Jaya Abadi 2 (SJA 2), di Desa Matialemba Kecamatan Pamona Timur belum lama ini.

Murniati Putosi
Murniati Putosi

Murniati ingin melihat dan mengecek langsung sistem pembuangan limbah di CPO milik PT SJA 2, yang saat ini masih dalam tahap uji produksi. Walaupun demikian, Muniarti menghimbau dan menegaskan, pembuangan limbah di CPO PT SJA 2 sudah harus ditata sebaik mungkin dan dikelola dengan bijak.

“Sebab limbah pabrik CPO bukan hanya limbah padat. Tetapi juga ada limbah cair yang perlu penjernihan. Sehingga limbah cair yang sudah jernih tersebut, bisa dibuang tanpa merusak lingkungan,” tegas Murniati.

Dalam kesempatan yang sama, Administrator (ADM) CPO PT SJA 2, H. Munari menerangkan, apa yang disampaikan Murniati memang benar. Sebab itulah CPO PT SJA 2, sejak dari awal melakukan pembenahan dan penanggulangan, system pembuangan limbah.

“Kami berusaha menata dengan baik, system pembuangan limbah yang ada di CPO PT SJA 2 ini. Sehingga kemungkinan terjadinya pencemaran lingkungan, sudah diantisipasi sejak diawali uji produksi,” ungkap Munari.

Kepala Humas PT SJA 2, Offier Paath juga menambahkan, baik limbah padat maupun cair, CPO PT SJA 2 berusaha mengolahnya dengan baik.

“Limbah padat maupun limbah cair yang ada, sebenarnya masih sangat berguna. Limbah padat berupa tempurung, bisa digunakan sebagai bahan bakar pengolahan CPO, dan abunya sangat cocok untuk mengurangi keasaman tanah. Untuk limbah cair, bisa digunakan sebagai tambahan pupuk untuk tanaman sawit di perkebunan,” terang Offier.

Diakhir kunjungannya, Murniati berharap, antisipasi pencemaran lingkungan, menjadi prioritas PT. SJA 2 sampai ke tahap produksi. Sehingga lingkungan sekitar CPO PT SJA 2 tetap terjaga. (PAN/SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY