Terminal Siwagi Lemba Poso Berbenah Diri

0
53
Foto: ASN di lingkungan Terminal Siwagi Lemba Poso siap membawa perubahan (Foto: Samsol Batubara)

POSO RAYA – Kepala Terminal Angkutan Darat  Siwagi Lemba  Poso  Suwardi Liputo , menyatakan bahwa terminal anggkutan darat Poso  yang sebelumnya secara administrasi maupun oprasional menjadi tanggung jawab Pemda Poso, kini tanggung jawab pengelolaan telah diambil alih oleh Pemerintah Pusat didalam hal ini  sebagai penanggung  jawab langsung  adalah Dirjen Perhubungan Darat RI.

Yang selanjutnya tanggung  jawab tersebut  juga melekat kepada Kepala Terminal  Poso . Adapun tugas tugas pokok  dari Kepala Terminal hingga jajaran terkait  adalah  menjaga kebersian dan ketertiban dilingkungan terminal, menjadikan terminal angkutan darat bisa  menjadi pilihan masyarakat  dalam menggunakan  jasa tranportasi yang  aman, murah, nyaman di terminal  serta peningkatan disiplin kepada seluruh ASN  yang bertugas  di terminal  Poso.

“Dengan kondisi terminal yang bersih dan tertib, maka warga yang menggunakan jasa angkutan darat via terminal bisa merasa aman dan nyaman. Ini menjadi salah satu tugas kami agar fungsi terminal bisa dimaksimalkan. Karena itu kami terus melakukan pembenahan,” kata Suwardi Liputo saat dihubungi Poso Raya.

Dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Kepala Terminal Poso Suwardi Liputo menyampaikan bahwa hingga tahun 2017 PAD  dari retrebusi terminal masih dalam penataan pemerintah pusat sehingga pola kerja  kami secara fertikal mengikuti kebijagkan Pusat.

Menurutnya, hingga saat ini  pemerintah pusat juga sudah membuka  jalur angkutan darat yang dilayani oleh  Bus Damri  dengan  rute yang sudah di buka adalah  rute Poso Napu-  PP  Poso – Malino PP  yang selanjutnya kedepan akan di buka rute  jurusan Poso – Bada (Lore Selatan) PP.

Sementara itu  Kepala dinas  Perhubungan  Octovianus Lebang  membenarkan  bahwa  Terminal poso  saat ini pengaturannya menjadi kewenangan pemerintah Pusat. Selanjutnya  Kadis Perhubungan  juga menyampaikan  kepada  seluruh petugas LLAJR Poso yang bertugas di Pos- Pos Wilayah  Pendolo, Tentena, serta  Tonusu, dan Lore Utara  diharapkan juga mampu meningkatkan kinerja  dalam mengatur arus  tranportasi  yang ada di wilayah masing masing. (SAM)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY