Sulteng Berhasil Jaga Stabilisasi Harga Pangan

0
25

POSO RAYA – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) mengklaim berhasil mengamankan stabilisasi harga pangan di daerah dalam beberapa bulan terakhir.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng selaku salah satu anggota TPID setempat, Abubakar Almahdali mengemukakan di Palu, Selasa (1/8) hingga kini tidak ada gejolak harga pangan maupun kebutuhan lainnya.

Foto: Abubakar Almahdali
Foto: Abubakar Almahdali

Harga berbagai komoditi pangan di pasaran dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota di Sulteng cukup stabil dan terkendali.

Hal tersebut tentu berkat peran serta semua pihak yang terkait, termasuk pihak distributor yang ikut menjaga ketersediaan komoditi pangan sehingga stok di tingkat pengecer selalu tersedia dalam jumlah memadai.

Dengan begitu, kata Abubakar, tidak ada kesempatan atau alasan bagi pedagang untuk menaikan harga, sebab stok cukup banyak meski permintaan masyarakat terhadap berbagai jenis kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah mengalami kenaikan cukup tinggi.

Selama menjelang dan sesudah Lebaran sampai saat ini, harga pangan dan komoditi lainnya di pasaran relatif stabil.

Dia juga mengatakan Bulog Sulteng sangat membantu dan berperan penting dalam mengamankan stok dan harga pangan di daerah ini.

Bulog sebagai BUMN yang mendapat tugas dari pemerintah untuk menangangi sekitar 11 komoditi pangan benar-benar melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab.

“Saya perlu memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bulog Sulteng atas kinerjanya dalam kaitan stabilisasi harga pangan di daerah ini,” kata Abubakar.

Menurut dia, Bulog selama ini `all out` dalam menstabilkan harga pangan dengan menyediakan sejumlah komoditi pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di provinsi ini.

Bahkan, kata dia, Bulog harus mendatangkan beberapa komoditi pangan seperti gula, bawang merah dan bawang putih dari luar untuk mengamankan harga pangan.

“Dan apa yang dilakukan Bulog, termasuk melaksanakan beberapa kali pasar murah bersama pemerintah Sulteng dan sejumlah instansi telah membuahkan hasil yang mengembirakan,” kata dia.

Terbukti, katanya, sampai sekarang ini stok pangan dan harga cukup stabil. (skd). (ant)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY