Kades Menyimpang Akan Disanksi Tegas

0
34

MOROWALI, POSO RAYA– Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) sebesar 1 miliar yang dikucurkan pemerintah ke Desa bertujuan untuk membangun Desa agar lebih maju.

Desa yang berhasil memanfaatkan dana besar tersebut secara maksimal mampu merubah daerahnya menjadi lebih maju. Namun tak sedikit pula Kepala Desa yang melakukan penyimpangan dalam penggunaan dana tersebut.

Perlu pengawasan dan pengawalan dalam penggunaan ADD dan DD serta bimbingan kepada Kepala Desa agar tidak melakukan penyimpangan serta menggunakan dana tersebut tepat sasaran.

Foto: Sitti Samria Sia
Foto: Sitti Samria Sia

Sitti Samria Sia, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDesP3A) Kabupaten Morowali mengatakan, pihaknya bertugas untuk melakukan bimbingan dan sosialisasi kepada Kepala Desa dalam pelaksanaan pemerintahan Desa dan penggunaan ADD dan DD.

“Kami hanya bertugas melakukan bimbingan dan sosialisasi, namun untuk pemeriksaan itu adalah kewenangan Inspektorat,” ungkapnya kepada Poso Raya saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Dia juga menambahkan, jika ada Kepala Desa yang melakukan penyimpangan dalam penggunaan ADD dan DD, akan diberi sanksi tegas.

“Saat ini masih ada beberapa Kepala Desa yang diperiksa karena ada temuan-temuan dalam penggunaan ADD dan DD, nanti diliat hasilnya,” tuturnya.

Ia juga berharap agar Kepala Desa dapat menggunakan dana tersebut dengan tepat sasaran untuk kesejahteraan masyarakat dan tidak melakukan penyimpangan. (DRM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY