Warga Bonesompe Poso Kota Dambakan Lampu Jalan

0
30
Foto; Suasana kondisi jalan di Bonesompe yang gelap di waktu malam dan rawan kecelakaan (Foto: Rusli)

POSO RAYA – Warga di Kelurahan Bonesompe, Kecamatan Poso Kota Utara saat ini mengeluhkan kondisi lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang kondisinya tak lagi menyala.

Kondisi PJU itu berada di jalan umum Hi, Agus Salim. Tidak adanya lampu jalan membuat rawan kecelakaan para pengendara yang melintas di jalan tersebut.

Kini Bonesompe tidak hanya menjadi tempat yang sepi dan gelap saja, melainkan menjadi sebuah kota tua yang telah lama jauh dari keramaian bagaikan kota mati yang ada di Kabupaten Poso.

Menurut warga Doel, saat ini warga Bonesompe sangat merindukan dan mengharapkan Pemerintah Kabupaten Poso segera merealisasikan pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU).

Dimana menurut Doel, PJU sangatlah penting, karena kondisi pada malam hari tanpa lampu penerangan jalan sangatlah memprihantinkan. Meskipun lampu sebagian ada yang menyala di beberapa titik, namun hal itu tetap tidak menpengaruhi jalan yang masih gelap.

“Aduh kenapa setiap malam lampu jalan tidak menyala, torng mo lewat mogelap. Bahaya ini bisa ada kecelakaan, semoga ada yang perhatikan” ucap warga lainnya.

Untuk diketahui, jika dahulu Kelurahan Bonesompe merupakan pusat bisnis terbesar di Kabupaten Poso, kesibukan yang tiada henti baik siang maupun malam kini hanya meninggalkan sebuah nama dan menjadi kota yang sepi dari hiruk pikuk dan kesibukan yang pernah ada, karena tak ada lagi penerangan lampu jalan.

Warga lainya Kiki menyampaikan, bahwa pada malam hari, jalan di sekitar yang gelap itu cukup sepi dan sangat gelap, kalau terlihat terang, kadang hanya mengadalkan penerangan dari rumah penduduk, dan cahaya lampu dari Masjid.

“Ini sudah dirasakan sejak lama,  karena kondisi Jalan yang sepi dan gelap pada malam hari nantinya bisa saja dimanfaatkan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab untuk menjalankan aksi kejahatan lainya,” keluh warga Kamis (27/7).

Warga berharap kepada Pemerintah Poso untuk mengusahakan agar PJU di Jalan Hi. Agus Salim bisa kembali dinyalakan, karena warga butuh penerangan lampu jalan.

“Jangan menunggu semakin banyak adanya aksi kejahatan terjadi, karena kondisinya yang gelap. Seperti pesan acara kriminal di salah satu stasiun televisi jika kejahatan terjadi bukan karena niat tapi karena  adanya kesempatan,” tutur sejumlah warga Bonesompe. (ULY)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY