Target Pendapatan Harus Realistis Dengan Potensi

0
52
Foto: Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Poso Iskandar Lamuka

POSO RAYA – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Poso Iskandar Lamuka menyampaikan, bahwa target pendapatan yang disampaikan oleh Pemkab Poso sedianya harus berbanding lurus dengan data potensi pendapatan yang ada. Sehingga apa yang ditargetkan minimal tidak jauh perbedaannya dari realisasi pendapatan yang ada.

Hal itu menjadi salah satu rekomendasi yang disampaikan Komisi II DPRD Poso dalam paipurna laporan komisi komisi DPRD Poso terhadap LPJ APBD 2016 yang digelar awal pekan ini.

“Fenomena ini harus dikaji dan dievaluasi kembali agar setiap OPD bisa memenuhi target pendapatan yang sudah disepakati,” kata Iskandar Lamuka

Memang menurutnya, dari target PAD Poso yang hanya terealisasi sebesar 69,13 persen atau Rp 73,1 miliar dari target Rp 105,1 miliar, ada sejumlah  OPD yang memang pencapaiannya seratus persen.

“Namun ada juga yang pencapaiannya sangat rendah, sehingga perlu dikaji dan dievaluasi kembali,” tambahnya.

Dia menghimbau agar penetapan target PAD jangan hanya berdasarkan estimasi saja. “Namun harus terukur dan realistis sesuai data potensi PAD yang bisa diraih. Ini penting agar target pendapatan tidak berpengaruh pada lalulintas APBD itu sendiri,” paparnya.

Kedepan kata dia, terget dan potensi pendapatan daerah sudah harus tertata dengan baik  dengan sistem yang terukur dan realistis.

“Ini menjadi salah satu pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah yang harus dicermati agar potensi pendapatan sudah harus tertata dengan baik dan rapi agar bisa terukur dan realistis, tidak hanya berdasarkan estimasi semata,” pungkasnya. (Uly)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY