Pemda Kukuhkan Tim Pengawas Orang Asing di Poso

0
45
Foto: Wabup Samsuri saat memberi sambutan dalam pembentukan dan pengukuhan tim pengawas orang asing di Poso Kamis (20/7) (Foto: Dok.Hms)

POSO RAYA – Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengukuhkan Tim Pengawas Orang Asing Kabupaten Poso Tahun 2017 didampingi oleh Kepala Devisi Keimigrasian Kanwil Kemenkhukam Sulteng yang diwakili oleh Kepala Bidang Lalulintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Fredi Firmantoko, SH.

Kegiatan dilanjutkan dengan Penandatanganan Piagam Pengukuhan oleh Wakil Bupati Poso dan Kepala Kantor Devisi Imigrasi Sulteng, bertempat di Aula Hotel 77 Poso, Kamis (20/07/17).

Hadir dalam kegiatan Rakor pembentukan tim pengawas orang asing adalah Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Palu Suparman, SH, MH, Para Tim Pengawas Orang Asing Kabupaten Poso yang dikukuhkan diantaranya dari Satuan Pol. PP Kabupaten Poso, BNN Kabupaten Poso, Kejaksaan Negeri Kabupaten Poso, Kepolisian Resort Poso, Komando Distrik Militer 1307 Poso, BIN Pos Daerah Kabupaten Poso, Badan Kesbangpol Kabupaten Poso, Bea Cukai Kabupaten Poso, Dinas Pariwisata Kabupaten Poso, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Poso, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso, Bagian Hukum Setdakab Poso, Kasi Wasdakim serta dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri menyampaikan bahwa ruang lingkup pemantauan orang asing dan organisasi masyarakat asing bisa meliputi diplomat atau tamu vip asing, tenaga ahli, pakar, akademisi konsultan asing, wartawan dan shoting film asing, peneliti asing, artis asing, rokhaniawan asing dan ormas asing yang pengawasnya harus melalui verifikasi dokumen (meneliti kelengkapan/Kesahihan dokumen) administratif bersama dengan petugas imigrasi.

Selanjutnya  Ir. Samsuri, M.Si menegaskan perlu adanya tindakan di lapangan yang meliputi pengumpulan bahan, data dan informasi, klarifikasi serta menganalisis data dan informasi, mendatangi kantor, perusahaan dan tempat tujuan keberadaan dan aktifitas orang asing dan organisasi masyarakat asing.

“Betapa urgennya permasalahan tamu asing ini sehingga langkah didalam pertemuan kali ini melalui rakor dan pembentukan tim pengawas diharapkan menjadi sarana yang efektif dalam merumuskan beberapa formulasi yang dapat disimpulkan bersama khususnya penanganan kunjungan orang asing di daerah ini sehingga tidak membawa masalah tetapi akan mendatangkan keuntungan bagi perkembangan dan kemajuan daerah poso kedepan,” jelas Samsuri.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati Poso Ir. Samsuri, M.Si mengharapkan agar seluruh peserta rakor pembentukan tim pengawas orang asing di kabupaten poso dapat dilaksanakan secara bersama dengan pihak dan instansi terkait sehingga tujuan dibentuknya tim pengawas orang asing di kabupaten poso dapat berjalan efektif dan sesuai harapan yang ingin dicapai. (Sam/Humas)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY