Ketua DPRD Himbau OPD Jangan Selalu Diwakili

0
68
Ketua DPRD Poso Ellen Ester Pelealu

POSO RAYA – Ketua DPRD Poso Ellen Ester Pelealu menghimbau agar pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Poso jangan selalu diwakili saat diundang menghadiri rapat rapat di DPRD Poso.

Apalagi jika rapat itu adalah rapat di tingkat komisi atau rapat paripurna yang terkait masalah tehnis, yang memerlukan kehadiran pengambil kebijakan di instansi itu.

“Termasuk rapat paripurna seperti saat ini. Pimpinan SKPD harus bisa mendengarkan pandangan atau pendapat dari DPRD terkait apa yang disampaikan oleh Badan Anggaran DPRD Poso,” kata Ellen Pelealu usai memimpin jalannya sidang paripurna tentang pendapat Badan Anggaran tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2016 Kamis (20/7) kemarin.

Menurut Ellen, kehadiran pimpinan OPD dalam setiap rapat di komisi maupun paripurna, sudah merupakan ketentuan perundang undangan, dan sedianya tidak bisa diwakilkan.

“Sebaiknya jangan diwakilkan karena itu sudah ada ketentuan yang mengaturnya. Lagipula kehadiran pimpinan OPD memang sangat dibutuhkan. APalagi rapat paripurna seperti saat ini,” tambah srikandi Partai Demokrat itu menyayangkan.

Dalam rapat paripurna itu, berdasarkan absensi yang beredar, tercatat hampir semua pimpinan OPD diwakilkan.

“Ini sangat disayangkan, karena sebagian besar pimpinan OPD hanya diwakilkan,” kesalnya usai memimpin jalannya sidang.

Hal yang sama juga ditegaskan anggota DPRD Poso Sahir Sampeali. POlitisi Partai Golkar itu juga menyayangkan ketidak hadiran sejumlah pimpinan OPD dalam rapat pripurna.

Ia berharap pimpinan OPD tidak mengabaikan undangan rapat peirpurna, mengingat rapat Paripuna berfungsi sebagai alat komunikasi penting antara Eksekutif dan Legeslatif dalam membahas persoalan persoalan penting yang menyangkut masalah pembangunan serta masalah masalah Politik yang ada. (Sam/Uly)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY