Tri Putra Toana Dinobatkan Sebagai Tokoh Pers Nasional

0
59
Foto: Pimpinan Umum Harian Mercusuar/Tri Media Group, Tri Putra Toana dinobatkan senagai tokoh pers nasional dari Dewan Pers Jakarta. Penghargaan diserahkan Kabid Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto (Foto: Dok.MS)

 

POSO RAYA – Pimpinan Umum Harian Mercusuar/Tri Media Group, Tri Putra Toana secara resmi  dinobatkan sebagai tokoh pers Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan Dewan Pers pada  Silaturahim Dewan Pers dengan Masyarakat Pers di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (14/7/2017) malam.

Selain menerima sertifikat tokoh pers, Tri Putra juga memperoleh kartu wartawan utama dari Dewan Pers. Sebagaimana diketahui, penghargaan sebagai tokoh pers adalah apresiasi Dewan Pers terhadap pekerja pers yang selama ini dinilai telah menunjukkan karya dalam indutri media massa, ikut membangun pers yang sehat dan memberikan kontribusi terhadap pembangunan.

Adapun kartu utama, selama ini diberikan Dewan Pers melalui dua cara, yakni melalui uji kompetensi dan non uji kompetensi. Untuk pendekatan yang kedua, penerima adalah pekerja media yang diketahui tidak pernah putus berkarya minimal dalam 30 tahun terakhir serta berusia minimal 55 tahun.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulteng, Mahmud Matangara yang turut hadir mengatakan dari 57 tokoh yang mendapat  gelar kehormatan tahun ini, Sulteng terbanyak, yakni lima orang.  Selain Tri Putra Toana, ada empat orang lagi yakni Tasman Banto (Pemred Mercusuar), Drs H Andi Maddukelleng MSi (Litbang Mercusuar), Prof Dr Ir M Basir Cyio SE MS (wartawan Mercusuar era 80-90-an) dan Rolex Malaha (Kepala Kantor Berita Antara di Palu).

Dikatakan, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto serta sejumlah pemilik grup media berkesempatan hadir dan menyaksikan penganugerahan tersebut.  Irjen Pol Setyo Wasisto bahkan mendapat kehormatan menyerahkan penghargaan ini.

Tri Media Group yang dirintis Tri Putra Toana sejauh ini terus membangun ekspansi media cetak di Indonesia. Selain Harian Mercusuar yang telah terbit sejak 1 September 1962, juga ada Harian Umum Sulteng Raya, Harian Umum Kaili Post, Poso Raya, Banggai Raya, dan Rakyat Post. Koran-koran ini beredar di Sulteng. Juga terdapat koran Sulbar Raya dan sebelumnya Gorontalo Raya.

Tri Putra Toana dalam sejumlah kesempatan selalu menekankan soal peningkatkan sumber daya manusia (SDM) pekerja dan pengelola media. Sekaitan dengan itu, saat ini sebagian besar wartawan dan pekerja pers Mercusuar telah dinyatakan lulus uji kompetensi wartawan dan sejak tahun 2014 telah memperoleh kartu wartawan, baik jenjang wartawan muda (reporter), wartawan madya (redaktur), maupun wartawan utama (redaktur pelaksana dan pemimpin redaksi). (Dar)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY