Ratusan Desa di Sulteng Belum Teraliri Listrik

0
82
Ilustrasi

POSO RAYA – Sebanyak 103 desa di Sulawesi Tengah belum teraliri aliran listrik dari berbagai sistem pembangkit yang dimiliki PLN Cabang Palu di Silae.

Manager PLN Cabang Palu Emir Muhamemin, Selasa, mengatakan ratusan desa yang belum terkoneksi listrik terdapat di Kabupaten Toli-toli, Luwuk bahkan sebahagian Kota Palu.

“Ada ratusan desa di Sulawesi Tengah yang belum terkoneksi aliran energi listrik, hal ini berdasarkan rasio elektrifikasi energi listrik,” ungkap Emir Muhaemin dalam temu pelanggan dan PLN yang digelar Yayasan Lembaga Konsumen di Palu.

Emir Muhaemin menyebut terdapat kurang lebih 76 persen masyarakat di Sulawesi Tengah atau Kota Palu dan sekitarnya yang menggunakan listrik.

Sementara, kata dia, 24 persen masyarakat dari total keseluruhan tercatat sebagai penduduk yang tidak menggunakan energi listrik.

Ia mengatakan PLN Cabang Palu membuka kontak layanan dengan nomor 123, yang dapat menerima pengaduan pelanggan, masalah dalam pelayanan listrik serta pemasangan dan penambahan daya listrik.

“Kami menyarankan kepada masyarakat yang belum terkoneksi aliran listrik untuk mendatangi kantor PLN atau hubungi kontak layanan 123,” ujarnya.

Ia menyebut kontak layanan yang disediakan terhubung langsung dengan PLN, bahkan dimonitoring langsung dari Jakarta.

“Karena itu bila bapak dan ibu menelpon ke nomor tersebut, maka sampai langsung ke Jakarta dan keluhan atau masalah diketahui dan segera di selesaikan,” ujarnya.

Data PLN Cabang Palu menyebutkan daya listrik yang tersedia sebesar 163,7 megawatt dan beban penggunaan listrik atau konsumsi listrik sebesar 130,8 megawatt, sehingga surplus energi listrik 33,49 megawatt.Budi Suyanto. (ant)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY