Pemda Poso Buka Lomba Utsawa Dharma Gita Umat Hindu

0
67
Foto: Asisten I Pemkab Poso M. Ari Pamungkas saat foto bersama usai membuka acara Lomba Utsawa Dharma Gita Umat Hindu di Desa Meko Kecamatan Pamona Barat (Foto: Dok.Humas)

POSO RAYA – Pemda Poso membuka acara Utsawa Dharma Gita 2017 bagi umat Hindu di desa Meko, Kecamatam Pamona Barat Jumat 14 Juli 2017 pekan lalu.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra M. Ari Pamungkas sekaligus mewakili Bupati Poso. Dalam sambutanya Pemda sangat merespon dan mendukung kegiatan keagamaan dalam upaya pembinaan umat dan peningkatan sumber daya manusia.

Selain itu, harus mendorong masyarakat Hindu Poso untuk lebih kreatif dan antusias dalam memberikan yang terbaik bagi daerah Kabupaten Poso. Sebab kebhinekaan, pluralisme, keragaman suku, budaya, agama adalah potensi besar bagi bangsa dalam sumbangsihnya terhadap pembangunan dan kemajuan daerahnya.

Tokoh Agama Hindu di desa Meko menjelaskan sekilas tentang Utsawa Dharma gita yang merupakan salah satu kegiatan dalam Agama Hindu yakni Lomba Seni baca Kitab Suci Weda.

Kitab Suci merupakan tuntunan dalam menggapai suksesnya kehidupan. Teks yang bersumber dari Kitab Suci Weda mengandung nilai spiritual, etika dan estetika yang sangat tinggi berguna memberi tuntunan dalam memahami Agama Hindu mulai dari aspek ketakwaan, susila, maupun acara upakara.

Sedangkan Dharma Gita sebagai nyanyian suci keagamaan Hindu memiliki peranan sangat penting bagi pembinaan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama Hindu. Penyajian yang dijalin dalam bentuk nyanyian suci keagamaan dengan irama lagu yang melankolis sangat Membantu menciptakan suasana hening, hikmat dan suci.

“Melalui kegiatan Utsawa Dharma Gita (UDG) Tahun 2017 kita wujudkan Kabupaten Poso yang Damai ,Adil, yang didukung sumberdaya Manusia yang handal dan bermartabat berlandaskan kitab Suci Weda,” jelasnya.

Panitia pelaksana acara menerangkan bahwa kegiatan berlangsung selama tiga hari sejak 14 Juli hingga 16 Juli 2017 yang di ikuti oleh 4 Rayon yakni Kecamatan Poso Pesisir Utara, Poso Pesisir Selatan,  Pamona Bersaudara dan Kecamatan Lore Bersaudara .

Dengan jumlah peserta kegiatan 450 org peserta, official, pendamping, dan penggembira.

Dengan jenis kegiatan Utsawa Sloka kategori anak anak, remaja, dewasa putra –putri, Utsawa palawakya kategori remaja, dewasa putra putrid, Utsawa menghafal sloka kategori anak anak, remaja dewasa putra putrid, Utsawa Dharma wacana berbahasa Indonesia kategori anak anak, remaja, dewasa Putra-putri, Utsawa Dharma wacana berbahasa inggris kategori remaja, dewasa Putra putrid, Utsawa vocalgroup kategori WHDI dan muda-mudi dan Usawa Olahraga Voly ball putra putri. (Sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY