Komisi I Nilai Serapan Anggaran 23 OPD Memuaskan

0
29
Foto: Hidayat Bungasawa

POSO RAYA – Komisi I DPRD Kabupaten Poso menilai serapan anggaran 23 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja Komisi I, cukup memuaskan. Hal itu tergambar dalam rapat yang digelar Komisi I dengan 23 OPD dalam kaitannya dengan laporan pertanggung jawaban APBD tahun 2016 lalu.

“Secara keseluruhan, jika dirata ratakan serapan anggaran 23 OPD yang menjadi mitra kerja kami cukup memuaskan,” terang Ketua Komisi I DPRD Poso Hidayat Bungasawa kepada Poso Raya Minggu (16/7).

Menurut politisi Partai Gerindra itu, pada umumnya pelaksanaan APBD di 23 mitra kerjanya, terealisasi sebesar 96 persen.

“Ada OPD yang mencapai 100 persen, ada juga yang hampir seratus persen. Namun jika dirata ratakan, realisasi APBD 2016 mencapai 96 persen di 23 OPD itu,” tambah Hidayat.

Kendati belum menyentuh angka seratus persen, namun hal itu kata Hidayat bukan berarti adanya penyimpangan atau penyalahgunaan dalam pelaksanaan APBD 2016.

“Umumnya hanya karena pelaksanaan pekerjaan yang belum terealisasi sesuai target, itupun kalau ada temuan kebanyakan hanya persoalan administrasi saja,” jelasnya.

Dikatakan Hidayat, dalam rapat tersebut, Komisi I lebih fokus pada bagaimana terjadinya sinkrionisasi antara perencanaan dengan pelaksanaan di lapangan.

“Kita inginkan perencanaan dan pelaksanaan bisa match. Jangan buat perencanaan yang tidak bisa direalisasikan, karena semuanya akan berpengaruh dalam serapan anggaran OPD itu sendiri,” rinci politisi dua periode di DPRD Poso itu.

Sejumlah OPD yang menjadi mitra Komisi I itu diantaranya para Lurah, Camat, RSUD Poso, Inspektorat, Dinas Sosial dan BKD-RB. “Setelah rampung dalam pembahasan di tingkat komisi, hasilnya akan diparipurnakan pada Selasa 18 Juli 2017 besok,” terangnya.

Yang pasti kata dia, apa yang menjadi program kerja di setiap OPD, mampu memberi dampak positif terhadap upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan menjadikan Kabupaten Poso kedepan menjadi lebih maju dalam pembangunan sesuai visi misi pemerintah daerah. (Uly)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY