Fraksi Gerindra Apresiasi Realiasi PAD Poso Meningkat

0
57
Foto: Johanis Bando

POSO RAYA – Fraksi Partai Gerindra DPRD Poso memberikan apresiasi atas peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Poso dalam realisasi tahun anggaran 2016 lalu sebesar Rp. 73,1 miliar atau sebesar 69,13 % dari target PAD sebesar Rp 105,3 miliar.

Kendati belum menyentuh dari target yang diharapkan, namun PAD tahun 2016 menurut Fraksi Gerindra, mengalami peningkatan sebesar Rp 3 miliar jika dibandingkan PAD di tahun anggaran 2015 atau tahun sebelumnya sebesar Rp 70.1 miliar.

“Fraksi Partai Gerindra mengapresiasi terjadinya peningkatan PAD sebesar Rp 3 miliar dari tahun sebelumnya. Ini menunjukkan adanya upaya peningkatan yang dilakukan dalam mendongkrak PAD kita,” kata Johanis Bando saat menyampaikan pemandangan umum anggota DPRD terhadap pengantar nota keuangan laporan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2016 dalam paripurna DPRD baru baru ini.

Meski begitu Fraksi Partai Gerindar tetap berharap pentinganya peningkatan PAD dari sektor lainnya agar bisa dimaksimakan. “Sehingga konstribusi PAD terhadap struktur APBD dapat memenuhi semangat otonomi daerah,” tambahnya.

Untuk memaksimalkan semua potensi PAD yang ada, Fraksi Partai Gerindra menyarankan pentingnya penempatan aparatur yang memiliki kapabilitas, kompetensi dan integritas pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengelola dan bertanggung jawab atas sumber sumber pendapatan yang ada.

Sementara terkait LHP BPK RI atas APBD Poso tahun 2016 yang masih banyak temuan di hampir semua OPD, yang mengakibatkan Poso mempeorleh predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Fraksi Partai Gerindra berpendapat dan menyarankan agar Pemkab Poso melalui OPD dapat lebih serius, tegas dan transparan dalam pengelolaan APBD Kabupaten Poso. (Uly)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY