Pabrik CPO SJA 2 Mulai Uji Produksi

0
61
Foto: Lahan perkebunan sawit (Foto: doc)

MATIALEMBA, POSO RAYA – Belum lama ini Kepala Tata Usaha PT. SJA 2 memberikan keterangan soal buah kelapa sawit yang telah mulai panen di lingkar perkebunan kelapa sawit  SJA. Selanjutnya Kepala Tata Usaha  juga menjelaskan, bahwa hingga saat ini Pabrik CPO yang dibangun oleh PT. SJA 2 juga telah melaksanakan uji produksi dengan kapasitas  60 Ton/ jam.

Sehingga buah sawit yang dihasilkan oleh kebun SJA 2 dirasa masih kurang dan harus membeli dari pihak petani sawit lainnya atau membeli dari perusahaan kebun sawit  di luar PT. SJA.

Ditanya tentang akses limbah pabrik CPO yang ada, KTU  PT. SJA menjelaskan, bahwa limbah pabrik CPO  tidak perlu dikuatirkan. Karena  semua limbah  CPO  dapat bermanfaat.

“Misalnya limbah cair bisa digunakan sebagai pupuk Organic. Adapun kulit cangkang buah sawit bisa di gunakan untuk bahan bakar ketel uap serta arangnya bisa untuk mengurangi PH tanah yang tinggi zat asamnya,” ungkapnya.

Selain itu, para petani sawit mitra PT SJA yang ditemui menyebutkan bahwa harga buah tandan segar di tingkat petani sudah mencapai harga Rp 1000/Kg, sehingga para petani  sawit yang ada optimis bisa bertambah penghasilanya.

“Penghasilan warga disini terus meningkat selama buah sawit kami sudah mulai dipanen. Dan tingkat perekonomian warga dari hari kehari semakin membaik sejak ada perusahaan sawit SJA,” ungkap Fery salah seorang petani sawit.

Saat dihubungi Offir Paath selaku kepala Humas PT SJA2  membenarkan, jika pabrik CPO dalam masa uji produksi, sehingga dalam hal ini diminta kerja samanya bagi seluruh Petani Sawit mitra PT SJA 2 untuk bisa meningkatkan produktifitas kebun sawitnya.

Offier menambahkan, hingga sekarang petani sawit “Mandiri“ yang ada sudah mencapai 100 Ha tanam tumbuh. Dan masih terus bergerak naik jumlah petani yang berminat tanam kelapa sawit.

Selanjutnya, Administratur PT Sawit Jaya Abadi Unari berharap pertumbuhan ini akan terus berkembang di daerah Kabupaten Poso, sehingga kebutuhan pabrik CPO yang ada tidak kekurangan pasokan Sawit Tandan Buah Segar sebagai bahan baku Minyak CPO  Sawit. (Sam) 

 

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY