Penyuluh Pertanian Harus Mampu Dongkrak Hasil Panen

0
37
Suasana kegiatan penyuluhan

POSO RAYA – Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menekankan keberadaan para penyuluh pertanian di sejumlah desa, harus mampu mendongkrak kualitas serta hasil panen produk pertanian yang ada di desanya. Hal itu mengingat keberadaan penyuluh merupakan ujung tombak pembangunan di ranah pedesaan.

Hal itu disampaikan Bupati Darmin saat menggelar Rapat Koordinasi Penyuluh Pertanian yang digelar di Gedung Torulembah rumah jabatan Bupati Poso Kamis (23/2).

Turut hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut Wakil Bupati Poso Samsuri, Kadis Pertanian Poso Ir.Heningsih Tampai serta seluruh petugas Penyuluh Pertanian serta jajaran Dinas Pertanaian Kabupaten Poso.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Bupati Poso Darmin Sigilipu pada intinya Pemda Poso akan memberikan motivasi serta penguatan kepada seluruh tenaga Penyuluh Pertanian yang berada di seluruh pelosok Kabupaten Poso. Mengingat penyuluh pertanian adalah ujung tombak pembangunan  di desa.

Dalam rapat koordinasi it, Bupati juga mengingatkan bahwa tugas penyuluh Pertanian yang bertugas di desa maupun di Kecamatan harus benar- benar bisa responsif  terhadap permasalahan petani.

Ditambahkan Bupati, untuk kedepan sangat penting adanya rapat koordinasi penyuluh pertanian setiap tiga bulan bahkan Darmin A Sigilipu berencana dalam rapat Koordinasi kedepan tidak hanya penyuluh pertanian saja, tetapi sangat penting berkerja sama dengan pihak  jajaran TNI yang bertugas di Desa Desa (BABINSA red).

Dalam kesempatan yang sama  Wakil Bupati T Samsuri menekankan bahwa dengan adanya percetaan sawah baru  sejak beberapa tahun terahkir, maka yang perlu di diperhatikan adalah faktor pengairan.

Menurut Samsuri, sawah tanpa ditopang dengan pengairan yang memadai maka tidak bisa diharapkan keberhasilannya.

Ahkirnya dalam rapat Koordinasi  tersebut,  dari petugas penyuluh pertanian Kecamatan Pamona Selatan, menyampaikan bahwa di jajaran penyuluh Pamona Selatan sangat mebutuhkan alat transportasi mengingat mobil para petugas yang ada masih tergantung  dengan kendaraan roda dua (kendaraan dinas-red).

Selanjutnya Kepala Dinas Pertanian Poso  Heningsih Tampai menyampaikan bahwa hasil rapat tersebut akan menjadi referensi penting dalam menindak lanjuti program program Pemerintah Poso di Bidang Pertanian. (Sam)

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY