Hewan Ternak Berkeliaran Dianggap Perda Tidak Mempan

0
74
Foto: Beberapa ekor ternak kambing tampak berkeliaran di jalur dua dalam Kota Bungku (Foto: Darma Kusuma)

MOROWALI, POSO RAYA- Hewan ternak seperti sapi dan kambing yang berkeliaran dijalan raya sangat meresahkan masyarakat, terutama pengendara kendaraan roda dua.

Pasalnya hewan ternak yang berkeliaran tersebut dapat mengakibatkan kecelakaan yang sangat fatal dan dapat merenggut nyawa. Terlebih jika ada hewan ternak yang menyeberang jalan secara tiba-tiba.

Seorang warga Bungku, sebut saja Bagong, Ia mengeluhkan keberadaan hewan ternak yang berkeliaran dijalan raya.

“Tadi ini saya hampir tabrak kambing, kalau bisa Pol PP tangkap saja itu kambing, soalnya kalau ada yang tabrak tidak ada yang mengaku pemiliknya, apalagi kalau yang nabrak sampai meninggal, tegakkan Perda dengan tegas,” ungkapnya Rabu (22/2).

Menanggapi hal tersebut, Kasat Pol PP, Muh Adzan angkat bicara. Menurutnya Perda hewan ternak yang berlaku saat ini, sanksinya masih kurang sehingga efek jerah yang ditimbulkan juga masih kurang.

Untuk itu Perda hewan ternak saat ini masih direvisi dan masih dalam pembahasan di DPRD.

“Perdanya masih direvisi dan masih tahap pembahasan di DPRD, beberapa hari ini kami juga sudah melakukan penangkapan terhadap hewan ternak yang berkeliaran,” tegasnya saat dikonfirmasi via telephon.

Ia menambahkan, diperlukan adanya kesadaran masyarakat yang memiliki hewan ternak untuk mengandangkan ternaknya agar tidak berkeliaran dijalan raya, kerena merusak pemandangan dan ternak tersebut juga bisa memakan tanaman penghias jalan, yang terburuk ialah bisa mengakibatkan kecelakaan. (CR2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY