Fraksi Amanat Keadian Pastikan Tidak Ada Rolling Komisi

0
41
Foto: Amir Kusa

POSO RAYA – Ketua Fraksi Amanat Keadilan (FAK) DPRD Poso Amir Kusa memastikan tidak ada rolling posisi keanggotaan fraksinya untuk mengisi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang saat ini tengah dalam perhelatan di gedung wakil rakyat itu.

“Sudah ada kesepakatan antara kami empat orang anggota Fraksi untuk tidak merubah komposisi keanggotaan komisi dalam pembentukan AKD,” kata Amir Kusa kepada Poso Raya (21/2).

Menurutnya, Fraksi Amanat Keadilan yang merupakan kolaborasi dari dua partai masing masing Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional itu, tidak melakukan perubahan anggota yang duduk dalam komisi.

“Saya dan Muhaimin dari PAN tetap di Komisi II, pak Dewa Nyoman Aribowo (PAN) tetap di komisi III dan Usman Karim (PKS) tetap di komisi III,” rinci Amir Kusa yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi II DPRD Poso itu.

Sesuai dengan tata tertib dewan, setiap 2,5 tahun sekali atau separuh perjalanan masa keanggotaan, wajib dilakukan rolling atau pertukaran posisi anggota dalam mengisi alat kelengkapan dewan (AKD).

“Memang dalam tatib diatur seperti itu, rolling harus dilakukan setiap 2,5 tahun dalam masa keanggotaan 5 tahun. Namun semua terpulang pada kesepakatan dari Fraksi untuk mengutus anggotanya dalam mengisi AKD,” ujarnya.

“Yang sedikit bergeser kata Amir hanyalah posisi anggota Fraksi Amanat Keadilan dalam mengisi keanggotaan di Badan Anggaran. Sebelumnya Haji Usman dan Muhaimin yang kita plot untuk duduk di Banggar, maka saat ini saya dan Muhaimin. Sementara Haji Usman kita plot masuk ke Badan Legislasi,” timpal politisi PKS itu.

Intinya kata AMir, jika jatah fraksi dalam AKD ada dua, maka diwakili masing-masing satu partai. “Namun jika jatah fraksi hanya satu, maka sudah kita sepakati dilakukan secara bergantian,” pungkasnya. (ULY)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY