Tekan Angka Kecelakaan Di Kalangan Pelajar, Lantas Poso Gandeng Dinas Pendidikan

0
79
Kasat Lantas Poso, IPTU Arsyad

POSO RAYA – Sejalan dengan perkembangan kota Poso yang terus mengalami peningkatan, juga berimbas pada peningkatan yang memiliki kendaraan roda dua dalam berlalulintas. Hal ini berdampak pada laju angka kecelakaan berlalu lintas yang terjadi di wilayah kabupaten Poso.

Terkait hal tersebut, untuk menekan angka kecelakaan berlalu lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polres Poso, saat ini pihak Lantas Polres Poso akan berupaya melibatkan seluruh elemen masyarakat Poso.

Kasat Lantas Polres Poso IPTU Arsyad menyampaikan, akan melakukan ketertiban dalam berlalu lintas. Dengan melakukan kerja sama baik secara internal dengan seluruh satuan di lingkungan Polres Poso sendiri serta semua kalangan yang ada di masyarakat.

“Kami yakin ketertiban dalam berlalulintas akan tercapai, tentunya dibutuhkan kerja sama dengan semua kalangan masyarakat,” ungkap IPTU Arsyad di ruang kerjanya belum lama ini.

Untuk wilayah Kabupaten Poso sendiri, kata Arsyad, angka kecelakaan masih di dominasi oleh kalangan pelajar ditingkat SMP dan SMU. Karena itu, langkah prioritas Satlantas Polres Poso untuk mengantispasi hal ini adalah dengan melakukan koordinasi langsung dengan pihak sekolah- sekolah serta melakukan sosialisasi terkait tata tertib dalam berlalulintas.

“Pada momen apel sekolah maupun upacara bendera, pihak Satlantas Polres Poso akan mengirim petugas untuk menyapaikan himbauan kepada para pelajar dengan bantuan para guru dan kepala sekolah di sekolah masing masing,” jelasnya lagi.

Menurut Arsyad, Lantas Polres Poso berencana akan melakukan kerja sama dengan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat dalam upaya membuat MOU terkait tata tertib berlalulintas khusus untuk kalangan pelajar.

“Langkah ini baru akan kita rumuskan sehingga akan mendapat hasil yang maksimal,” tegasnya.

Lebih jauh Arsyad menjelaskan, semua kegiatan yang disampaikan tersebut merupakan bentuk preventif atau pencegahan dalam upaya menciptakan tetatertib berlalulintas di wilayah Kabupaten Poso.

“Untuk terkait tindakan sendiri, pihak Lantas polres Poso akan tetap tegas dalam mengambil tindakan jika segala upaya telah dilakukan namun tidak diindahkan.

Tanggung jawab dalam berlalulintas bukan semata mata tanggung jawab pihak kepolisian Satlantas. Tapi juga bagian tanggng jawab semua elemen masyarakat,” pungkasnya. (rd)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY