Bupati Darmin Resmikan SDN Dongi-Dongi

0
137
Bupati Darmin A Sigilipu mendapat sambutan meriah dari murid SDN Dongi-Dongi dalam kunjungan kerjanya ke wilayah yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) ini. Kunjungan ini dalam rangka meresmikan sekolah SDN Dongi-Dongi yang telah direhab setelah belasan tahun tidak mendapat perhatian.(foto :dok Humas)

POSO RAYA – Bupati Darmin Agustinus Sigilipu meresmikan Sekolah Dasar Negeri Dongi-Dongi, yang berada di kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), di dusun Dongi-Dongi desa Sedoa, kecamatan Lore Utara, kabupaten Poso, pada Senin (16/1) lalu.
Belasan tahun kondisi sekolah tersebut memang memprihatinkan. Hanya berada dibangunan seadanya, yang didirikan di lahan milik warga setempat. Yah, sekitar 1300 hektar lahan yang berada dikawasan Konservasi Balai Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) telah dibebaskan sebagai lahan pemukiman warga.
Karena itu, penduduk yang telah lama bermukin disekitar lokasi tersebut kemudian membentuk perkampungan yang hingga kini telah dihuni oleh sedikitnya 1.000 kepala keluarga.
Selain meresmikan bangunan SDN tersebut, Bupati Darmin yang didampingi Kapolres Poso, AKBP Bogiek Sugiyarto, dan rombongannya yang terdiri dari beberapa pimpinan SKPD, juga menyerahkan bingkisan yang berisi alat kelengkapan belajar, serta menyerahkan 16 lembar kartu keluarga, kepada warga Dongi-Dongi.
Bupati Darmin menyebutkan, pembangunan gedung sekolah tersebut, merupakan perhatian Pemda Poso terhadap lokasi yang berada diperbatasan antara kabupaten Poso dengan kabupaten tetangga.
“Jadi ini salah satu perhatian dari pemerintah daerah, khususnya di desa-desa yang menjadi desa perbatasan, seperti di Dongi-Dongi,” ujar Bupati Darmin.
Menurutnya, tahun 2016 lalu memang telah diprogramkan proyek pembangunan sekolah untuk Dongi-Dongi. “Tahun yang lalu itu sudah diprogramkan untuk Dongi-Dongi, proyek untuk pembuatan sekolah. Itu untuk tahun 2016. Ditahun 2017 ini akan kita tingkatkan lagi, kita tambah lagi di Dongi-Dongi. Karena saya melihat tadi betapa antusiasnya itu anak-anak sekolah. Jumlah anak sekolah ada sekitar 140, ruang kelasnya baru dua ruang kelas saja. Satu ruangan dibagi menjadi tiga kelas. Ini sangat memprihatinkan, walaupun sekarang ini gedungnya sudah baru. Mudah-mudahan nantinya dengan anggaran yang sudah kita siapkan di 2017, kita akan tambah lagi,” terangnya Bupati Darmin usai acara peresmian SDN Dongi-Dongi di Lore Utara. (MM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY