Harga Gula Aren Naik

0
132
gula aren di pasaran yang merangkak naik, di kerenakan dari pengrajin. (foto Syarif)

POSO RAYA – Harga jual gula Aren atau gula merah saat ini mengalami kenaikan dari Rp2.500/butir menjadi Rp3.500, menurut para pedagang Kenaikan harga tersebut berasal dari pengrajin gula aren, para pedagang atau pengepul yang langsung membeli kepada pengrajin dengan kisaran harga RP 2.500 per butir.

Nurina, salah satu pedagang di pasar tradisional Poso yang menjual gula merah miliknya saat ini dengan harga RP 10. 000 per tiga butir, kenaikan harga ini telah mulai terjadi dalam kurun 3 bulan terakir.

Bustang, salah seorang pengrajin di Poso Pesisir juga menambahkan, rata-rata penjualan para pengrajin Rp.2.500 per butir, langsung diambil di tempat produksi, dalam sehari para pengrajin mampu menghasilkan gula aren kurang lebi tujuh puluh butir.

Menurutnya tidak mudah dalam membuat gula aren, selain pohon aren yang jarang di temui lagi di tanah yang rata, ia juga kesulitan dalam penyadapan, pohon aren yang tumbuh tinggi dan di puncak gunung membuatnya harus berhati hati melakukan pemanjatan.

Tidak sampai disitu, kayu Apai yang di gunakan dalam pemasakan air aren ini, juga membutuhkan tenaga yang besar, sebab ia harus mempersiapkan tumpukan kayu yang mampu mempertahankan nyala apinya dalam sehari semalam.

“Selain penyadapan, mencari kayu bakar juga sangat sulit karena di musim hujan seperti ini, banyak kayu yang basah dan sangat sulit untuk di makan api” jelas Bustang.(RIF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY