Hanya 8 Puskesmas Punya Dokter

0
133
dr Syamsul Alam

POSO RAYA – Sejumlah Puskesmas di kabupaten Poso, sudah memiliki fasilitas cukup fantastis pada bidang  peralatan medisnya. Fasilitas tersebut merupakan hasil pengadaan barang pemerintah daerah (Pemda)Poso dalam beberapa tahun terakhir, dibiayai oleh APBD.
Yang patut disayangkan adalah fasilitas tergolong megah tersebut, ternyata tidak diimbangi dengan ketersediaan dokter umum di setiap Puskesmas. Tercatat dari 23 puskesmas yang ada di kabupaten Poso, sampai  tahun 2016, baru 8 diantaranya yang sudah didukung ketersediaan dokter umum.
“Kita tidak bisa berbicara banyak tentang pelayanan kesehatan masyarakat bila di puskesmas tersebut belum tersedia dokternya. Bagaimana kita mau mendorong animo masyarakat berobat pada puskesmas terdekat kalau ahli  medis di tempat itu belum tersedia,”ujar  dr Syamsul Alam anggota komisi I DPRD Poso kepada Poso Raya, Rabu (11/1) kemarin.
Terkait ketersediaan tenaga dokter pada setiap induk pelayanan kesehatan masyarakat, dr Samsul menyatakan  bahwa hal tersebut merupakan kebutuhan paling penting dalam pelayanan kesehatan. “Sebenarnya yang berhak mengeluarkan rujukan pasien harus dokter, hal itu menurut kode etik kedokteran. Tetapi  kita di Poso  prinsip itu sangat susah dilakukan karena situasi yang memaksa.”katanya.
Dengan kondisi  seperti ini menurut Samsu Alam masih sangat sulit jik pemda berbicara soal akreditasi  standar pelayanan kesehatan karena bagian penting dari pelayanan medis itu, yakni tenaga dokter belum terpenuhi.
Dikatakan politisi Nasdem ini, siapapun kepala dinas kesehatan nantinya, harus menjadikan program pengadaan  dokter puskesmas sebagai prioritas kerjanya. Perguruan tinggi seperti Universitas Hasanudin, menurut Samsu Alam telah berkomitmen membantu ketersediaan tenaga dokter. Syaratnya mudah, cukup dengan melakukan adendum dari MOU sebelumnya yang sudah ditandatangani yakni dari pemenuhan dokter spesialis ditambahkan dengan pemenuhan dokter umum.(NAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY