FDP Akan Jadi Taman Mini Poso

0
152
Arena FDP yang kini dalam kondisi rusak berat rencananya akan direnovasi oleh pemerintah provinsi dengan anggaran sekitar 17 miliar rupiah.(foto :dok)

POSO RAYA – Arena Festival Danau Poso (FDP) yang dibangun pertengahan tahun 90an kini dalam kondisi rusak berat. Tahun lalu, pemda Poso mengambil alih penyelenggaraan festival yang pertama kali dilaksanakan tahun 1989 itu dengan memindahkan arenanya ke anjungan danau Poso. Rencananya tahun ini kompleks yang terletak di kelurahan Pamona, kecamatan Pamona Puselemba itu akan direnovasi dengan biaya mencapai 17 miliar rupiah.
Bupati Darmin A Sigilipu dalam wawancara dengan sejumlah wartawan mengatakan, Gubernur Longki Djanggola sudah mengisyaratkan proses renovasi itu akan segera dilakukan.
“Rencananya pengelolaan lokasi itu akan diberikan kepada kita. Nantinya ditempat itu akan kita buat semacam taman mini Poso yang berisi miniatur empat suku-suku asli yang mendiami Poso,”kata Bupati Darmin.
Upaya mengalihkan pengelolaan arena FDP ke pemda Poso sudah lama berupaya dilakukan oleh pemda Poso. Namun hal itu terganjal kepemilikan bangunan didalam lokasi itu. Bangunan-bangunan berupa rumah adat di areal FDP berasal dari kabupaten/kota di Sulteng. Selain meminta pengalihan pelaksanaan festival, pemda juga meminta agar pengelolaan lokasi itu diserahkan sepenuhnya kepada daerah ini agar perawatannya lebih mudah.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY