Pelantikan Pejabat Dinilai Tidak Sesuai Edaran Menteri

0
173
Iskandar Lamuka

POSO RAYA – Pelantikan 23 pejabat eselon II pada 30 Desember 2016 lalu dinilai sebagian kalangan menyalahi surat edaran MenPAN RB no B/3116/M.PANRB/09/2016 tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi dilingkungan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota terkait pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016.
Anggota DPRD Iskandar Lamuka mengatakan, ketidaksesuaian antara pelantikan itu dengan surat edaran menteri PANRB ini terletak pada tidak samanya antara orang yang dikukuhkan pada 27 Desember 2016 dengan mereka yang dilantik pada 30 Desember 2016.

Iskandar menilai, awalnya Bupati telah melakukan tahapan yang benar dengan melakukan fit and proper test trhadap semua pejabat untuk mengetahui kompetensi, prestasi dan integritas masing-masing dan selanjutnya melakukan pengukuhan kepada seluruh pejabat itu.
“Sesuai ketentuan yang dikukuhkan itu, pengertiannya adalah pelantikan kembali pejabat yang telah memenuhi syarat untuk diangkat dalam jabatan yang sama atau jabatan atau jabatan yang berubah nomenklaturnya tetapi tugas dan fungsinya tidak.

Dengan pengukuhan tersebut berarti menurut Iskandar, 37 orang pejabat yang dikukuhkan atau dilantik kembali dalam jabatan yang sama telah resmi dan sah sebagai kepala SKPD baru sesuai PP 18 tahun 2016 dan Perda tentang Organisasi Perangkat Daerah.

“Penyimpangan itu menurut saya terjadi pada pelantikan pada 30 Desember 2016. Yakni terjadinya pergeseran jabatan sekitar 23 orang pejabat eselon dua, padahal mereka sebelumnya sudah dikukuhkan sebagai pejabat pada jabatan yang sama,”kata Iskandar.
Jika mengacu pada edaran MenPAN RB itu, pengisian jabatan tanggal 30 Desember 2016 itu seharusnya kata Iskandar lagi pengisiannya adalah hanya pada jabatan yang masih kosong atau pejabat yang belum menempati jabatan setelah pengukuhan. Disimpulkan Iskandar, jika mengacu pada surat edaran MenPAN RB no B/3116/M.PANRB/09/2016 itu maka seharusnya tidak ada pergeseran jabatan.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY