Pemda Akan Perbanyak Sosialisasi Kepada Warga

0
125
Ratno Teguh

POSO RAYA – Tahun ini rencananya pemerintah daerah akan melaksanakan tahap awal pembangunan jembatan Kayamanya-Bonesompe. Plt Kepala Bappeda, Ratno Teguh mengatakan, anggaran perencanaan sudah disiapkan, termasuk pembiayaan Amdal proyek ini.
Pembangunan jembatan ini sepertinya akan menjadi proyek Mercusuar pemda Poso dibawah kepemimpinan Darmin-Samsuri. Namun sebagaimana diketahui, proyek besar biasanya tidaklah mudah dilaksanakan. Pun rencana pembangunan yang ditaksir membutuhkan anggaran hingga 30 miliar lebih ini. Pembangunan jembatan yang disebut untuk menata kota Poso dan mendukung pariwisata ini tentu bukan tidak memiliki dampak. Pembangunan jalan yang mengikuti berdirinya jembatan ini membuat rumah-rumah yang masuk dalam jalur pelebaran jalan tentu harus dibongkar, mulai dari pantai penghibur hingga Lawanga tanjung disebut akan direlokasi.
Plt kepala Bappeda, Ratno Teguh mengatakan tahun ini alokasi anggaran untuk studi kelayakan, rencana detail hingga studi Amdal sudah dimasukkan dalam APBD 2017. Termasuk didalamnya perizinan dan sosialisasi kepada masyarakat yang terkena dampak.
“Adapun biaya pembangunan fisik kita sudah siapkan juga sebagian, dan hanya akan dilaksanakan kalau semua persiapan seperti perizinan dan sosialisasi sudah dilakukan,”katanya kepada Poso Raya. Ditambahkannya pemerintah sangat berhati-hati dengan pembangunan ini sebab berkaitan dengan masyarakat banyak, pemerintah kata Ratno lagi berupaya agat tidak muncul ekses-ekses yang bisa merugikan semua pihak. Dia menekankan pentingnya proses sosialisasi ditengah masyarakat untuk mewujudkan program ini.
Pembangunan jembatan Kayamanya-Bonesompe awalnya mengundang banyak kritik dari legislatif. Salah satu sebabnya adalah persoalan anggaran. Sejumlah anggota DPRD meminta agar pemda tidak menggunakan APBD untuk membiayai pembangunan fisik proyek ini, dengan alasan masih banyak infrastruktur sektor lain seperti pertanian yang lebih membutuhkan anggaran ketimbang pembangunan jembatan dalam kota.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY