Pejabat yang Dilantik Harus Buktikan Kinerja

0
137
Rizal C Marimbo

POSO RAYA – Pelantikan pejabat eselon II akhir tahun 2016 lalu menjadi satu peristiwa yang banyak ditunggu oleh masyarakat Poso. Sebanyak 23 orang dilantik untuk posisi kepala SKPD, asisten dan staff ahli. Semuanya merupakan wajah lama. Mereka dituntut untuk menunjukkan kinerja selama 1 tahun.
Tokoh muda, Rizal C Marimbo mengatakan, mereka yang dilantik tidak punya waktu lama untuk berbenah. Sebab proses evaluasi akan langsung dilakukan bukan saja oleh Bupati dan Wakil Bupati, tapi juga oleh masyarakat kabupaten Poso.
“Yang harus dibuktikan itu adalah kinerja. Bagaimana para kepala SKPD ini menunjukkan inovasi dan kreatifitas mereka mewujudkan visi dan misi Bupati menjadikan Poso kabupaten cerdas dan maju,”kata pria yang akrab disapa RCM ini.
RCM juga mengatakan, wajah lama yang masih menghiasi kabinet Darmin-Samsuri bukanlah karena tidak ada kader birokrat yang mumpuni. Dalam pandangannya, dilantiknya pejabat-pejabat lama itu menunjukkan bahwa tidak ada istilah balas dendam oleh Darmin-Samsuri.
Memang dari 23 nama yang dilantik, tidak satupun yang berasal dari eselon III. Hal ini sempat menimbulkan banyak pertanyaan mengenai proses regenerasi dan penyegaran didalam pemerintahan kabupaten Poso. Tidak sedikit pula yang berdebat di media sosial mengenai jejak rekam para pejabat yang dilantik ini semasa menjabat kepala SKPD selama pemerintahan 2 bupati sebelumnya, yakni Piet Inkiriwang dan pj Sin Songgo.
“Jadi buat yang dilantik jangan senang dulu, buktikan kinerja, kalau dalam satu tahun atau enam bulan tidak mampu saya kira harus minggir,”kata RCM.Bagaimana menilai keberhasilan atau kegagalan seorang kepala SKPD. RCM mengatakan pemda bisa menggunakan indikator pencapaian kinerja CPI seperti yang dipakai oleh DKI dalam menilai kinerja para kepala dinasnya.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY