Hingga Akhir Tahun Dana Desa Belum Cair

0
127
Yunirson Penyami

POSO RAYA – Hingga akhir tahun ini, anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD)  untuk 142 desa di Kabupaten Poso belum kunjung dicairkan. Kepala Bagian Pemerintahan Desa, Yunirson Penyami, mengatakan Dana Desa dan ADD sudah ada di Kas Daerah, namun belum dapat di cairkan karena belum lengkapnya Surat Perintah Pembayaran (SPP) dari Kepala Desa dan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) semester 1 atau tahap pertama.

Menurutnya, surat SPJ tersebut di gunakan sebagai persyaratan untuk pencairan Dana Desa sementara untuk SPP sebagai persyaratan pembayaran dana ADD. Dia katakan, kedua persyaratan tersebut  hingga 2 November baru sekitar 50 Desa yang baru menyerahkan berkas itu. Sementara persyaratan tersebut permintaan dari bagian Keuangan Kabupaten Poso  sesuai dengan persyaratan pembayaran DD dan ADD harus semua desa telah memberikan SPJ dan SPP.
“Jadi dari Keuangan mengatakan tidak bisa dicairkan kalau belum semua desa menyerahkan SPP dan SPJ, makanya kami terus menginformasikan ke Kades agar secepatnya memberikan SPJ dan SPP itu” ujar Yunirson.
Ditambahkannya, penyebab lain belum di cairkan dana desa dan ADD itu juga karena belum ada Surat Penyediaan Dana (SPD).
“Kemudian juga SPD itu masih sementara di buat oleh Bagian Keuangan, sementara di ketik itu,” katanya.
Dana Desa tahun anggaran 2016 untuk 142 desa di Kabupaten Poso senilai 87 miliar, sementara dana ADD senilai 68 miliar. Sementara proses pencairan dana desa dibagi dalam dua tahap yakni tahap pertama sebesar 60 persen dan tahap kedua 40 persen. (fer)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY