Masyarakat Lore Harus Berterimakasih Kepada Bupati

0
148
Yusak Mentara

POSO RAYA – Salah seorang sesepuh adat dari Robo Behoa (Wilayah Behoa) Kecamatan Lore Tengah,  Yusak Mentara, menilai dukungan serta restu Bupati  Darmin A. Sigilipu untuk rencana pemekaran kabupaten Tampo Lore, harus mendapat apresiasi masyarakat Lore bersaudara.
“Masyarakat Lore bersaudara sudah sepantasnya berterima kasih kepada Bupati Darmin A. Sigilipu, yang langsung memberi restu untuk persiapan pemekaran Daerah Otonomi Baru kabupaten Tampo Lore,”kata Yusak  Mentara kepada Poso Raya. Rabu (26/10) kemarin.
Disamping berterima kasih, Yusak juga mengingatkan agar kesempatan yang telah diberikan oleh  pemerintah induk tersebut, secepatnya dibuatkan program lanjutan termasuk pada penataan wilayah persiapan sebelum rekomendasi Gubernur Sulawesi Tengah didapatkan.
“Pertemuan adat masyarakat Lore yang barusan kita laksanakan merupakan momentum penting yang perlu  kita tindaklanjuti agar Gubernur Longki Djanggola dapat memberi kepercayaan kepada masyarakat Lore sebagai persiapan DOB yang baru. Untuk meraih kepercayaan tersebut tentu diperlukan kesiapan  penuh dari soal wilayah termasuk kesiapan  masyarakat dalam menerima tanggungjawab sebagai  daerah mandiri”ujarnya.
Secara implisit Yusak menganggap penunjukan kembali Hari Kabi sebagai ketua komite percepatan Tampo Lore, sudah langkah tepat mengingat pengalaman bersangkutan baik secara birokrasi maupun di bidang politik.
Yusak juga menilai, ketokohan Hari S Kabi yang kembali terpilih memimpin komite percepatan pemekaran kabupaten Tampolore memiliki semua karakter yang dibutuhkan. Selain sebagai seorang sesepuh adat dan tokoh masyarakat Lore bersaudara, Hari Kabi juga pernah menjadi pejabat daerah bahkan pernah menjadi pelaksana sekretaris daerah di kabupaten Poso. Selain itu, pengalaman  politik Hari Kabi yang juga pernah menjadi anggota DPRD pada wilayah ini.
“Jadi sangat lengkap menurut saya kesiapan beliau menanggung tanggungjawab ini,” Kata Yusak. Nan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY