APBD-P 2016 Disahkan Hari Ini

0
495
Ruddi R Rompas

POSO RAYA – Hari ini DPRD Poso akan menggelar sidang paripurna penetapan APBD-P 2016. Kepala BPKAD, Ruddi R Rompas mengatakan, ada kenaikan jumlah dari penetapan APBD 2016 dari 1.330 triliun menjadi 1. 368 triliun. Kenaikan ini diproyeksikan dari kenaikan target pendapatan asli daerah (PAD) yang mencapai 104 miliar.
“Kenaikan APBD-P kali ini karena memang ada kenaikan target PAD, kita optimis target itu akan tercapai,”kata Ruddi kepada Poso Raya, Rabu (26/10) kemarin. Dikatakannya, dengan peningkatan proyeksi pendapatan itu maka seluruh kepala SKPD yang dibebankan target harus bekerja maksimal mewujudkannya.
Dalam APBD-P, program Bupati/Wakil Bupati Darmin A Sigilipu yang tercantum dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 juga sudah dimasukkan,sehingga menurut Ruddi, eksistensi program yang direncanakan Bupati sudah mulai eksyen mulai besok.
Kenaikan target PAD memang sempat menjadi tema pembahasan serius dikalangan DPRD dan pemerintah daerah mengenai darimana sumber-sumber pendapatan itu. Ketua komisi II Amir Kusa mengatakan, sebagian pendapatan itu akan diambil dari RSUD, senilai 15 miliar. Selain itu juga menggenjot sektor lain, seperti sewa hand tracktor dari dinas Pertanian.
Namun diakui oleh Amir, waktu yang tinggal sedikit akan menjadi tantangan serius bagi pemda untuk mewujudkan target itu. Informasi yang diperoleh menyebutkan, hingga September, realisasi penerimaan baru mencapai 80 persen lebih.
Upaya penghematan juga dilakukan pemerintah untuk menekan belanja dengan memangkas sejumlah anggaran yang dinilai belum prioritas di seluruh SKPD.(IAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY