Hutan Bakau Moengko Hampir Sirna

0
145
beberapa Papan himbauan dipasang dipinggiran jalan trans kelurahan Moengko agar tidak menebang pohon bakau Sembarangan. (Foto.syarif)

POSO RAYA – Hutan bakau yang difungsikan sebagai pelindung jalan dan pemukiman dari abrasi pantai yang terdapat dipinggiran jalan trans Sulawesi, Kelurahan Moengko kini semakin sedikit akibat ulah oran yang tak bertanggung jawab yang selalu menebang pohon bakau di pinggiran jalan.

Sebelumnya hutan bakau tersebut sangat lebat menutupi hamparan pantai yang hampir mendekati badan jalan, namun setahun terakhir terus berkurang akibat penebangan perlahan-lahan, kini pepohonan bakau semakin menipis.

Beberapa papan himbauan dipasang oleh pihak Badan Lingkungan Hidup kabupaten Poso sudah memasang papan peringatan untuk tidak melakukan penebangan guna menjaga ekosistim alam dan menjelaskan fungsi bakausebagai pelindung dari badan jalan, sepertinya tidak diindahkan, buktinya kini kondisi hutan bakau itu makin terancam, abrasi kini mulai mengancam sebagian ruas jalan trans di kelurahan Moengko.

Salah satu upaya untuk menahan abrasi dengan mengurug beberapa bagian pantai kini terpaksa harus dilakukan agar kondisi jalan lebih aman sehingga arus transportasi di jalur padat ini tidak terganggu akibat abrasi dikemudian hari.(RIF)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY