Thalib : Tidak Ada Larangan ASN Masuk Kosgoro

0
144
Abdul Muthalib Rimi

POSO RAYA – Ketua harian DPD Golkar kabupaten Poso, Abdul Muthalib Rimi menegaskan tidak ada larangan bagi aparatur sipil negara (ASN) menjadi anggota Kosgoro 1957. Sebelumnya ramai diberitakan sejumlah pejabat daerah ini dilantik mendampingi Bupati Darmin A Sigilipu yang terpilih menjadi ketua di kabupaten Poso.
Dikatakan Thalib, berdasarkan UU no 17 tahun 2013 tentang Ormas, jelas bahwa tidak ada larangan sama sekali bagi para pegawai untuk menjadi anggotanya. Dalam pelantikan pengurus DPK Kosgoro 1957 kabupaten Poso, sejumlah pejabat Poso yang turut dilantik adalah Ruddi R Rompas (kepala BPKAD), Yus Madoli (asisten I), Masdian Mentiri (kepala BPBD), Victor Tumonggi (kepala Dinas Sosial) dan Nolly Tandawuya (staff ahli) serta beberapa pejabat eselon III lainnya.
Meski dalam UU no 17 tahun 2013 tidak ada larangan menjadi anggota Ormas. Namun pegawai negeri yang menjadi pengurusnya akhirnya sulit tidak terlibat di partai, sebab Kosgoro merupakan salah satu Kelompok Induk Organisasi(KINO) pembentuk partai Golkar. Anggota DPRD, Muhaimin Yunus Hadi menyebut tidak etis seorang pejabat pegawai negeri menjadi pengurus ormas pendiri partai ini.
Dia menyebut masuknya sejumlah pejabat SKPD kedalam struktur organisasi melanggengkan pendapat di masyarakat bahwa pejabat daerah ini tidak netral dalam ajang politik di daerah.
Abdul Muthalib Rimi sendiri mengatakan, setiap ASN yang menjadi anggota maupun pengurus Kosgoro harus tetap menjaga independensi dan mendukung pembangunan ekonomi rakyat, khususnya lagi mendukung pemerintahan saat ini sesuai dengan visi dan misi Bupati-Wakil Bupati hingga 2021 mendatang.(SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY