DPRD Masih Tampung Aspirasi, Bupati Langsung Mendukung

0
123
Ketua DPRD Ellen E Pelealu didampingi sejumlah anggota DPRD menerima massa aksi dari Forum Sintuwu Raya yang meminta agar DPRD dan Bupati menegaskan dukungan resmi agar Poso menjadi calon ibukota Sultim.(foto :samsol batubara)

POSO RAYA – Sekitar 500 orang warga yang tergabung dalam forum masyarakat Sintuwu Raya menggelar aksi menuntut DPRD dan Bupati untuk memperjuangkan kabupaten Poso tetap menjadi bagian Sultim dan menjadi calon ibukota calon provinsi Sultim. Dukungan yang mereka tuntut bukanlah pernyataan lisan, namun dukungan resmi dalam bentuk surat keputusan dari kedua lembaga itu.
Selain menuntut keputusan resmi, forum masyarakat Sintuwu Raya juga mendesak Bupati Darmin A Sigilipu segera menggalang solidaritas kabupaten Morowali dan Morowali Utara yang tidak lain merupakan bekas wilayah kabupaten Poso.
Ketika menerima kedatangan ratusan massa yang datang dari berbagai kecamatan ini, ketua DPRD Ellen E Pelealu secara lisan menegaskan menerima seluruh aspirasi dan pernyataan sikap itu, namun massa meminta agar dukungan disampaikan secara resmi dalam bentuk keputusan. Dalam kesempatan itu pula, Nono Jenderal yang menjadi koordinator aksi meminta DPRD menggelar sidang paripurna untuk mendukung perjuangan masyarakat Poso membentuk DOB Sultim dengan ibukota di Poso.
Menurut Ellen, seluruh aspirasi yang masuk segera dibicarakan secara saksama sesuai dengan aturan dan mekanisme  kelembagaan yang berlaku di DPRD. Lebih tegas Ellen dan Wakil Ketua DPRD Suharto Kandar  menyampaikan , bahwa asapirasi yang masuk saat sekarang  menjadi  tanggung jawab moral  bagi DPRD Poso untuk diperjuangkan.
Setelah ke DPRD massa kemudian bergerak ke kantor Bupati. Di halaman kantor ini pula, mereka menyampaikan tuntutan agar Bupati memberikan dukungan resmi secara terulis bahwa Poso menjadi calon ibukota Sultim.
“Kami meminta dengan hormat kepada Bupati agar segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat tentang penetapan ibukota Sultim,”kata Nono Jenderal dihadapan Bupati Darmin A Sigilipu yang menerima pengunjukrasa dihalaman kantor Bupati.
Bupati Darmin bahkan naik ke mobil komando aksi, dan menyampaikan orasi yang mendukung peserta aksi dengan mengungkapkan sejarah bagaimana dulu tahun 1962 seharusnya Poso sudah menjadi ibukota provinsi.
“Mari kita sama-sama pilih orang-orang yang niatnya membangun untuk membangun daerah ini, jangan sampai seperti kemarin,”tegas Darmin yang disambut sorakan setuju dari massa aksi.(SAM)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY