Wabup Kunjungi Situs Megalit Pokekea

0
178
Wakil Bupati t Samsuri saat berada di situs Pokekea, desa Doda kecamatan Lore Selatan (foto :dok humas)

POSO RAYA – Peninggalan megalit Pokekea di desa Doda kecamatan Lore Tengah, sekira 90 kilometer dari kota Poso kini relatif lebih terawat. Lokasi bertebarannya benda-benda pra sejarah ini mendapat perawatan ketimbang beberapa patung megalitik lainnya. Wakil Bupati T Samsuri yang mengunjungi lokasi ini baru-baru ini berharap keberadaan patung-patung batu ini bisa menjadi daya tarik wisatawan manca negara.
Rey, salah seorang petugas penjaga situs Pokekea mengatakan keberadaan patung-patung megalitik itu sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Selama ini menurutnya belum ada penelitian purbakala terkait usia benda-benda seperti patung monyet, tempayan besar, kalamba dan peralatan batu lainnya.
Sejumlah wisatawan yang singgah di Poso memang biasanya memilih mengunjungi situs-situs megalit yang ada di wilayah Lore bagian selatan maupun Lore bagian utara. Namun sayangnya promosi yang kurang membuat lokasi-lokasi wisata ini tidak mendapat perhatian besar dibanding wilayah lainnya yang memiliki situs purba di Indonesia.(rif/humas)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY