Pemkab Poso Akan Pindahkan Monumen Tugu Pemuda

0
39
Foto : suasana rapat dengar pendapat Wabup Poso bersama elemen pemuda Poso

POSO RAYA – Rencana pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso, untuk memindahkan monumen tugu pemuda Poso yang saat ini berada bundaran Smaker, Kelurahan Kasintuwu, Kecamatan Poso Kota Utara, akhirnya direspon secara positif oleh seluruh elemen Pemuda Poso yang hadir saat dengar pendapat bersama Wakil Bupati (Wabup) Poso, Ir. T Samsuri, yang berlangsung di ruang kerjanya baru-baru ini.

Rapat yang di hadiri elemen pemuda yang tergabung dalam jajaran pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Poso periode sekarang serta pengurus KNPI Poso beberapa periode sebelumya itu berlangsung hangat pendapat.

Dikatakan Wabup Samsuri, pertimbangan Pemkab Poso untuk memindahkan tunggu yang memiliki sprit sejarah akan tekad pemuda Poso untuk merawat dan mengawal perdamaian di tanah Poso itu bukan tanpa pertimbangan yang matang.

“Bukan semata mata pada pertimbangan estetika, banyak pertimbangan seperti akibat perkembangan kota, dimana keberadaan tugu pemuda Poso itu dapat menggangu arus lalu lintas, akibat semakin sempitnya luas jalan di lokasi tersebut, sehingga demi kepentingan yang lebih luas perlu adanya langkah untuk memindahkan tugu tersebut,” ungkap Wabup Samsuri.

Kata Samsuri, langkah Pemkab Poso untuk memindahkan tugu Pemuda Poso tersebut, akan tetap memperhatikan lokasi yang tepat berdasarkan masukan dari semua pihak, terutama kalangan Pemuda Poso itu sendiri.

Tidak kalah pentingnya kata Samsuri, pihak Pemkab Poso selanjutnya akan mendengar masukan semua pihak agar dalam proses pemindahan tugu tersebut, tidak akan mengabaikan nilai nilai sejarah yang terkandung dalam pembuatan awal monumen pemuda Poso yang didirikan pada tahun 2006 silam itu.

Mendengar alasan alasan yang logis serta demi kepentingan yang lebih besar, akhirnya seluruh elemen Pemuda yang hadir dalam pertemuan tersebut, menyatakan setuju yang tentunya dengan berbagai catatan agar pihak Pemkab Poso tetap menjaga semangat serta marwah akan sejarah didirikanya tugu pemuda Poso, terutama nilai sejarah dalam semangat yang kuat dalam upaya mengawal dan merawat Perdamaian di Bumi Sintuwu Maroso itu.

“Upaya pemerintah daerah Poso yang mengedepankan langkah dialog, bukan pendekatan kekuasaan inilah, sehingga pertemuan tersebut berjalan baik dan melahirkan keputusan yang sesuai harapan semua pihak, tanpa mencederai semangat serta eksistensi Pemuda Poso,” kata Yadi salah seorang Pemuda Poso. (PR)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY