Mantan Napiter Poso Diberikan Pelatihan Kewirausahan

0
95
Foto bersama peserta

POSO RAYA – Aliansi Indonesia Damai (AIDA) bekerjasama dengan Celebes Institute Palu yang didukung oleh PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta baru-baru ini menggelar pelatihan kepada para mantan napiter dan kombatan Poso.

Kegiatan digelar selama dua hari sejak Jumat dan Sabtu 26-27 Januari 2018 kemarin di lokasi pantai imbo.

Adapun narasumber pelatihan berasal dari Pemda Poso, pengusaha, tokoh agama dan tim perdamaian AIDA yakni korban terorisme dan mantan pelaku.

Dalam kegiatan ini turut hadir Direktur AIDA, Hasibullah Satrawi sebagai pembicara dan Ali Fauzi mantan teroris dan perakit bom juga hadir sebagai pembicara.

Narasumber kemudian memberikan paparan tentang bagaimana kebijakan dan program Pemda yang selama ini sudah dan atau belum berjalan terkait pemberdayaan ekonomi mantan napiter dan kombatan.

Dalam kegiatan ini sesi dimulai dengan sharing atau curah pendapat tentang pengalaman peserta dalam menjalankan usaha setelah mendapatkan program bantuan pemberdayaan ekonomi dari pemerintah dan atau lembaga non pemerintah.

Selain itu memberikan masukan, tips atau motivasi melalui pemaparan atau presentasi yang interaktif tentang bagaimana kiat-kiat sukses dalam menjalankan usaha.

Adriani Badrah selaku panitia kegiatan menyampaikan, tujuan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi kewirausahaan dari para mantan napiter atau kombatan.

Selain itu meningkatkan kemampuan dan skil peserta dalam hal manajemen usaha pembukuan, pengelolaan, packaging, pemasaran online dan offline, desain produk digital dan lainya.

Tak hanya itu saja tujuan lainya juga meningkatkan aspek disengagement, deradikalisasi melalui dialog dengan tim Perdamaian AIDA yang terdiri atas korban terorisme mantan pelaku yang sudah berekonsiliasi.

Sebelumnya kegiatan ini di buka secara resmi oleh Wabup Samsuri. (PR)

 

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY