Budaya Lokal Harus Menjadi Filter Bagi Budaya Asing

0
56
Foto: Bupati Poso Darmin Sigilipu saat membuak secara resmi kegiatan forum koordinasi peningkatan peran masyarakat terhadap perkembangan kebudayaan dan kesenian daerah provinsi sulawesi tengah di kabupaten poso (Foto: Dok.Hms)

POSO RAYA – Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menghimbau peran serta masyarakat untuk terus menjaga, melestraikan bahkan mengembangkan budaya dan kesenian daerah agar mampu menangkal pengaruh negatif dari budaya asing yang tidak sesuai dengan kultur serta kearifian lokal masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan Bupati Poso saat membuka secara resmi kegiatan forum koordinasi peningkatan peran masyarakat terhadap perkembangan kebudayaan kesenian daerah provinsi sulawesi tengah di kabupaten poso tahun 2017 yang diprakarsai oleh badan kesatuan bangsa dan politik daerah provinsi sulawesi tengah bekerja sama dengan badan kesatuan bangsa dan politik kabupaten poso bertempat di aula alugoro poso, (23/08/17).

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra M. Ari Pamungkas, SH, MH, Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi dan Kreatif Poso Drs. Josep Magido, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Poso Dr. Drs. Jhon Yus Madoli, M.Si, Kepala Bapelitbangda Poso Suratno, SP, M.Si, Dr. Cristian Tinjabate, M.Si.selaku pembawa materi, para peserta dan undangan lainnya.

Ketua Panitia Ansar Yotomaruangi mengatakan, kegiatan bertujuan meningkatka peran masyarakat terhadap perkembangan kebudayaan/kesenian. Peserta kata dia berasal dari unsur masyarakat dan instansi pemerintah Kabupaten Poso.

“Sebagai salah satu nilai kebangsaan guna terciptanya kelestarian kesenian di daerah sehingga dapat mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal di tengah tingginya arus globalisasi untuk mempertahan nilai kebudayaan/kesenian di masyarakat,” terang Ansar mengenai tujuan giat tersebut.

Bupati Poso Darmin Menambahkan, Sulawesi Tengah kaya akan budaya yang diwariskan secara turun temurun. Tradisi yang menyangkut aspek kehidupan dipelihara dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.

“Kepercayaan lama adalah warisan budaya yang tetap dipelihara dan dilakukan dalam beberapa bentuk dengan berbagai pengaruh moderen serta pengaruh agama karena banyak kelompok etnis tersebut yang merupakan kekhasaan yang harmonis dalam masyarakat,” tuturnya saat membacakan smabutan Gubernur Sulteng.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu juga mengharapkan kepada masyarakat agar dapat berperan dalam mempertahankan serta mengembangkan kebudayaan yang dimiliki baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang, yang berdaya saing dan bernilai jual.

“Karena dengan nilai budaya yang unggul dapat meningkatkan industri pariwisata dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah obyek-obyek wisata, disamping dapat dijual atau dipromosikan. Kekayaan budaya juga diharapkan nilai-nilai budaya yang menjadi kearifan lokal disuatu daerah dapat menfilter budaya-budaya asing yang tidak sesuai dengan adat istiadat kita,” pesan Darmin mengakhiri. (ULY)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY