Desa Leboni Manfaatkan ADD Sebaik Mungkin

0
54

LEBONI, POSO RAYA– Alokasi Dana Desa (ADD) sudah seharusnya digunakan, untuk pembangunan infrastruktur di desa dan untuk meningkatkan sarana serta prasarana desa. Dana tersebut, juga dapat digunakan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di desa tersebut. Begitupun yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Leboni, kecamatan Pamona Puselemba, Agus Lala. Ditahun ini, dirinya sudah menyelesaikan beberapa program yang dia masukkan ke dalam ADD.

Foto: Agus Lala
Foto: Agus Lala

“Ditahun ini, melalui ADD, saya memasukkan beberapa program dan pekerjaannya sudah diselesaikan. Seperti contohnya, pembukaan jalan kantong produksi yang terletak di dusun Tomunda. Jalan tersebut terhubung juga ke desa Bada,” kata Agus, saat ditemui Poso Raya, di kediamannya belum lama ini.

Bukan hanya itu saja yang sudah dilakukan oleh Agus, sebagai kades Leboni, di tahun 2017 ini. Melalui ADD, Agus juga membangun Sanggar Tani. “Sanggar Tani saya bangun, untuk tempat pertemuan para petani yang ada di desa Leboni ini. Jika mereka ingin mengadakan rapat ataupun acara lainnya, para petani dapat memanfaatkan Sanggar Tani tersebut,” jelas Agus.

Agus menambahkan, program yang juga sudah terwujud lewat ADD 2017 yaitu, pengadaan bak sampah untuk setiap rumah di desa Leboni dan pengadaan motor yang mempunyai bak terbuka, untuk mengangkut sampah.

“Saya membuat 20 paket bak sampah dan itu tersebar di setiap rumah di desa ini. Saya juga membuat pengadaan motor Kaisar, guna mengangkut sampah yang nantinya ditampung di bak sampah yang ada,” tambah Agus.

Sekedar diketahui, jumlah penduduk di desa Leboni ada sekitar 1.297 jiwa dengan jumlah kepala keluarga (KK) ada 302. Desa Leboni terbagi 8 rukun tetangga (RT) dan tiga dusun yaitu, dusun Kembang Sari, Pompanowa dan Suambuko. Mata pencarian masyarakat desa Leboni sebagian besar petani. Berbagai macam suku juga yang mendiami desa Leboni diantaranya, suku Rampi, Bada, Toraja, Mori dan Bali. (YAN/PAN)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY