Dewan Minta Anggaran Renovasi TMP Watutawu Segera Direalisasikan

0
46
Foto: Anggota DPRD Poso bersama Camat, Danramil dan kepala desa Watuawu saat melakukan ziarah di TMP Watutau yang kondisinya memprihatinkan (Foto: DOk.PR)

WATUTAU, POSO RAYA – Sebagai bagian yang tidak bisa terpisahkan dari nilai nilai kepahlawanan adalah bumi tempat peristirahatan terahkir mereka yang telah gugur dalam perjuangan membela Nusa dan Bangsa. Sebagai bentuk penghormatan para Syuhada itu disebut Pahlawan dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP).

Di Kabupaten Poso terdapat dua Taman Makam Pahlawan. Yakni di Kelurahan Kawua Kecamatan Poso Kota Selatan dan Taman Pahlawan yang berada di Desa Watutawu Kecamatan Lore Peore.

Sayangnya, TMP yang berlokasi di Desa Watutawu pernah terbakar tahun 2014 lalu, dan hingga kini belum juga direnovasi. “Jadi saat melakukan ziarah di TMP Watutawu pada saat HUT RI ke 72 ini, kami merasa miris melihat kondisi TMP yang terkesan tidak terawat pasca kebakaran,” ujar anggota DPRD Poso Yus Ama kepada Poso Raya.

Menurut Yus Ama, kondisi TMP Watutawu ibarat taman belantara sehingga kondisinya memprihatinkan. Padahal kata dia, di TMP ini terbaring pahlawan Umanasoli dan 11 orang pengawalnya yang gugur tahun 1907 saat menghadapai perang penajajahan Belanda saat itu.

“Para pahlawan yang dimakamkan di TMP Watutau ini telah tercatat dalam lembar sejarah Kabupaten Poso dan diakui keberadaannya sebagai pahlawan daerah. Bahkan Umanasoli diabadikan menjadi salah satu nama jalan utama di Kota Poso. Namun sangat disayangkan kondisi TMP nya belum direnovasi,” papar Yus Ama.

Menurutnya memang Pemkab Poso dalam tahun anggaran 2017 ini telah menganggarkan renovasi TMP Watutau, namun hingga memasuki tri wulan ketiga ini, dana tersebut belum juga terealisasi. Hal itu juuga diakui Camat Lore Peore. Bahkan Camat bersama Kades Watuawu telah menyurat resmi ke Pemkab Poso mempertanyakan anggaran tersebut.

Sebagai wakil rakyat Dapil Lore bersaudara, Yus Ama meminta agar anggaran yang sudah ditetapkan itu segera direalisasikan oleh Dinas Sosial sebagai leading sektor melekatnya anggaran tersebut.

“Kami minta anggarannnya segera direalisasikan mengingat kebutuhan renovasi TMP Watutawu sudah mendesak apalagi dalam suasana peringatan HUT RI seperti saat ini,” imbaunya. (ULY/Sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY