Morut Siapkan Rumah Singga Bersalin di Tiap Kecamatan

0
39
Foto: Delnan Lauende

MORUT, POSO RAYA – Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut) menyiapkan Rumah Singgah Bersalin (RSB) di tiap kecamatan, melalui Dinas Kesehatan. Selain Kecamatan Pemkab juga menyediakan RSB di Kabupaten Poso. Tujuannya, demi menekan angka kematian ibu dan bayi serta memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat saat persalinan.

Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor melalui Kepala Dinas Kesehatan Morut Delnan Lauende mengatakan melalui RSB yang sudah disiapkan di setiap kecamatan masyarakat yang akan mendapatkan pertolongan persalinan sudah bisa memanfaatkannya sebelum dan sesudah persalinan. Karena lokasi RSB ini berdekatan dengan fasilitas Puskesmas dan Rumah Sakit maka pelayanan akan diberikan dengan maksimal.

Dengan adanya RSB masyarakat yang akan mendapatkan pertolongan persalinan sudah dapat menunggu saat mendekati masa kelahiran, hal tersebut sesuai dengan aturan kesehatan.

Sementara ketika disinggung untuk penetapan lokasi RSB yang disediakan untuk masyarakat, Delnan menuturkan bahwa rumah singgah bersalin disiapkan harus berlokasi tidak terlalu jauh dengan Puskesmas dan Rumah Sakit agar pelayanan bagi masyarakat bisa lebih maksimal. Sejauh ini RSB masi menggunakan rumah warga yang di sewa Pemerintah.

“Misalkan masyarakat dari desa-desa yang sudah memasuki hari persalinan sudah bisa menunggu dirumah singgah terserbut, di situ mereka bisa melakukan aktifitas atau memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti memasak dan lainnya namun tetap dibawah pemantauan tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas,” katanya.

Delnan menambahkan selain di Puskesmas RSB juga tersedia di Kabupaten Poso untuk melayani masyarakat yang berobat dari wilayah Morut salah satunya Kecamatan Soyo Jaya yang memang aksesnya dekat dengan Daerah tersebut.”Dengan harapan RSB ini dapat membantu masyarakat yang akan menjalani persalinan terlebih mengurangi beban mereka” tutupnya. (van/tmg)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY