Kades Tobe Buka Pelayanan 24 Jam

0
71
Foto: Darustam Lapangando

TOBE, POSO RAYA  –  Mungkin tidak banyak kepala desa bisa melakukan hal seperti halnya yang dilakukan Kepala Desa Tobe Kecamatan Poso Pesisir Utara Darustam Lapangando. Sejak awal terpilih dan menjabat sebagai Kepala Desa, pihaknya telah berkomitmen untuk membuka pelayanan masyarakat didesanya selama 1 x 24 jam. Bahkan komitmen itu ia tuangkan dalam bentuk visi dan misi pemerintah Desa Tobe.

Karenanya tak heran, jika kantor ini tetap saja dibuka meski tengah malam. “Kami disini membuka pelayanan masyarakat selama 24 jam. Apapun yang dibutuhkan masyarakat dan jam berapapun silahkan datang ke kantor desa. Kami siap melayani,” kata Darustam kepada Poso Raya belum lama ini.

Saat ini pemerintah Desa Tobe memang belum memiliki kantor desa yang representative. Sehingga rumah Kades Tobe Darustam dijadikan sebagai kantor Desa Tobe yang selama ini memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berpenduduk sekitar 200 kepala keluarga itu.

Tak hanya itu, selain membuka pelayanan selama 24 jam, Pemerintah Desa Tobe juga menggratiskan segala urusan masyarakat di kantor desanya. Baik itu urusan KTP, pembuatan surat keterangan usaha, surat pengantar atau surat lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

“Saya sudah wanti wanti semua pegawai di kantor desa agar jangan menerima imbalan sepersen pun dalam membantu kepentingan masyarakat. Jika kedapatan, saya tidak segan segan memecatnya,” tegas Darustam.

Dia juga meminta warga segera melaporkan kepihaknya jika ada aparat desanya yang menyusahkan warga setempat dalam mengurus segala keperluan masyarakat.

“Nomor handphone saya sengaja saya pasang di depan kantor desa agar masyarakat bisa menghubungi saya setiap saat. Ini sudah menjadi komitmen saya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga saya,” terangnya.

Soal pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) menurut Darustam tidak perlu diragukan. Karena ternyata warga Tobe merupakan warga yang taat membayar PBB. Bahkan kata Darustam untuk mengaih PBB kepada warga, ia menjamin tidak lebih dari seminggu sudah lunas.

“Dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, maka warga juga akan taat dengan apa yang menjadi kewajibannya. Seperti halnya membayar PBB. Saya bisa jamin dalam waktu seminggu PBB Desa Tobe bisa lunas. Bahkan tidak sedikit warga yang datang membayar langsung PBB nya di kantor desa,” pungkasnya. (ULY)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY