Kabar Baik, Dinkes Poso Terima DAK Puskesmas Rp 11 Miliar

0
42
Foto: Giat sosialisasi bantuan operasional kesehatan (BOK) di aula Bapelitbangda Poso Kamis (3/8) kemarin (Foto: Samsol Batubara)

POSO RAYA –  Dinas Kesehatan Poso memperoleh bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat sebesar Rp 11 miliar pada tahun 2017 ini. Dana sebesar itu diharapkan sudah bisa cair pada bulan Agustus tahun ini.

Kepala Bagian Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Poso Budi Irianto mengatakan, bantuan tersebut merupakan bantuan operasional kesehatan dari pemerintah pusat yang peruntukkannya untuk bantuan operasional di sejumlah Puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Poso.

“Bantuan DAK ini diperuntukkan khusus bagi Puskesmas dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Budi Irianto di sela sela kegiatan sosialisasi bantuan operasional kesehatan yang digelar di aula Bapelitbangda Kamis (3/8) kemarin kepada Poso Raya.

Selanjutnya Budi Irianto juga menambahkan bahwa DAK  yang akan diperuntukkan  kepada Puskesmas  itu tidak bisa digunakan  belanja lainya, tetapi kusus untuk menunjang  oprasional Puskesmas. Hal itu mengingat letak geografis setiap Puskesmas di Kabupaten Poso  banyak berada di wilayah terpencil .

“Plot anggarannya sudah jelas untuk Puskesmas, sehingga tidak bisa dialihkan ke belanja lain. Ini sudah sesuai dengan petunjuk tehnis dan petunjuk pelaksanaan bantuan,” tambahnya.

Giat Sosialisasi Bantuan Oprasional  Kesehatan yang digelar di aula Bapelitbangda dibuka langsung Sekretaris Dinas Kesehatan Poso Enoria Latulola mewakili Kadis Kesehatan Poso dr. Taufan Karwur yang tengah berada di China dalam kunjungan kerjanya bersama Bupati Poso untuk memenuhi undangan WHO dalam menangani penyakit Schistosomiasis.

Senada dengan Budi Irianto, Sekretaris Dinkes Poso Enoria juga beraharap, dengan turunnya Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tahun 2017 ini, dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di tingkat Puskesmas hingga ke tingkat pedesaan. (SAM)

 

 

 

 

 

 

)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY