Banyak Kades Belum Paham Kinerja

0
67
Ilustrasi kantor desa

POSO RAYA – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Poso Lusiana Sigilipu belum lama ini menyampaikan, pihaknya merasa prihatin dengan banyaknya informasi tentang kinerja buruk oleh sejumlah Kepala Desa yang ada di Poso, dimana hal itu terkait soal tata pelaksana pemerintahan desa itu sendiri.

Menurutnya, jika permasalahan itu sudah lama menjadi perhatian Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. Namun baru ditahun 2017 ini, ada pelimpahan kewenangan dari Pemda Poso untuk pelaksanakaan pembinaan dan pengawasan terhadap Pemerintah Desa yang ada.

Kata Lusiana, bahwa sebelumnya fungsi pembinaan dan pengawasan itu selama ini di pegang oleh Bagian Pemerintahan Desa, sehingga pihaknya belum bisa mengambil alih tugas.

Foto Lusiana Sigilipu
Foto Lusiana Sigilipu

“Iya sudah lama kami mendapat laporan buruk soal pelaksanaan pemerintahan di tingkat desa. Kami akan berupaya untuk melakukan pembinaan serta pengawasan,” ucapnya kepada Poso Raya, Jumat 28 Juli 2017.

Dirinya menyampaikan, dengan adanya kewenangan tanggung jawab tersebut, merupakan sebuah tantangan yang tidak mudah untuk dilaksanakan, karena melihat sumberdaya manusia aparatur Pemerintah Desa  yang masih harus di dorong untuk trampil dan cakap dalam pelaksanakan tugas – tugas pemerintahan desa.

“Adalah tantangan yang harus dijawab, yakni seluruh Kades  harus dapat menjadi jembatan yang baik bagi para masyarakat yang dinaunginya serta memberikan pelayanan dan menghadirkan sistem pemerintahan yang berpihak kepada rakyat yang tidak meladeni kepentingan pribadi,” jelasnya lagi.

Lusiana menambahkan, pemahaman itu bisa diwujudkan  oleh seluruh Kades maka harus dibutuhkan kerja keras dari seluruh elemen Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Poso.

Pihaknya  menegaskan dalam  waktu dekat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa akan segera menerjunkan jajaranya. Hal ini dilakukan untuk monitoring sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh aparat desa yang ada di Poso, guna mencegah hal hal yang selama ini masih memerlukan bimbingan dan perbaikan.

“Agar kepala desa seluruh Kabupaten Poso segera intropeksi dan belajar  dalam menata  sistem pemerintahanya yang dirasa selama ini masih kurang benar,” pungkasnya. (Sam)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY